Dark/Light Mode

Corona India Naik Lagi

Amit-amit Deh Kalau Kita Sampai Kaya Gini

Minggu, 29 Agustus 2021 07:35 WIB
Ilustrasi kasus Corona di India melonjak. (Foto: middleeast.in)
Ilustrasi kasus Corona di India melonjak. (Foto: middleeast.in)

 Sebelumnya 
Data pemerintah juga menyebutkan sedikitnya 509 kematian akibat Corona tercatat dalam sehari di India. Dengan lonjakan itu, total kasus Corona di India kini mendekati angka 32,7 juta kasus, dengan total 437.379 kematian.

Pemerintah India percaya kasus Corona yang meningkat pesat di Kerala dapat menyebar ke negara bagian lain dan berpotensi terjadinya gelombang ketiga. Pihak berwenang juga khawatir bahwa penyebaran yang lebih luas dapat menghasilkan varian baru yang dapat menurunkan kemanjuran vaksin.

Baca juga : Balas Dendam, Pria Gigit Ular Berbisa Sampai Mati

Kasus di India ini tentu harus jadi pelajaran. Corona bisa melonjak sewaktu-waktu jika masyarakat tak taat protokol kesehatan. Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan Corona sulit untuk bisa hilang seutuhnya dari muka bumi.

Dia pun kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada dan jangan lengah. Yaitu melanjutkan hidup dengan merapkan kebiasaan baru seperti seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Baca juga : Mantap, Peringkat Soekarno-Hatta Naik Lagi Di Daftar Bandara Terbaik Dunia

“Selama Covid-19 terus beredar dan bermutasi secara global, kita akan melihat lonjakan infeksi secara berkala,” tuturnya.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Dicky Budiman mengatakan, lonjakan kasus sangat mungkin terjadi. Apalagi Indonesia belum lepas dari varian Delta. Jika tak ada mitigasi, lonjakan kasus mungkin saja terjadi pada September. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah meningkatkan deteksi dini dengan tes dan lacak. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.