Dewan Pers

Dark/Light Mode

Virus Corona Bikin Jurang Antara Si Kaya Dan Si Miskin Makin Lebar

Jumat, 23 Juli 2021 07:36 WIB
Orang kaya ber­tambah 50 ribu jiwa, orang miskin melompat 1,12 juta. (Foto : Instagram @Mufcartoon)
Orang kaya ber­tambah 50 ribu jiwa, orang miskin melompat 1,12 juta. (Foto : Instagram @Mufcartoon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Miris, jurang ketimpangan antara orang kaya dan miskin di Indonesia semakin melebar sejak pandemi Covid-19. Orang kaya ber­tambah 50 ribu jiwa, orang miskin melompat 1,12 juta.

Mufcartoon mengunggah sindiran dalam bentuk meme yang berkaitan dengan anomali di masa pandemi. Yang kaya semakin kaya, yang miskin tambah miskin.

Meme pertama, orang berkulit hijau den­gan kepala mirip virus Corona menendang seseorang hingga terjatuh. Di dalamnya dibumbui dengan informasi selama pandemi jumlah orang miskin di Indonesia bertambah 1,12 juta jiwa.

Berita Terkait : Masyarakat Senang Kalau Testing Tinggi, Kasus Positif Covid Turun

Meme kedua, orang kaya yang mengena­kan setelan jas dan dasi sedang berbincang-bincang dengan seseorang. Di dalamnya ada pernyataan jumlah orang kaya di Indonesia bertambah 50 ribu jiwa.

“Kategori kaya itu adalah orang yang punya kekayaan bersih minimal 1 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 15 miliar. Apakah ada di antara followers saya yang punya duit segitu? Bagi dong,” ujar Mufcartoon.

Netizen membenarkan banyak orang yang tambah kaya selama pandemi. Namun, yang miskin juga bertambah banyak.

Berita Terkait : Banyak Bumil Ragu Divaksin Covid-19 Masih Tunggu Rekomendasi Kemenkes

“Aku ngeliat ada gap yang besar banget di masyarakat selama pandemi. Salah sa­tunya, antara si kaya dan si miskin,” ujar @ghan_sb.

“Pandemi gini beneran bikin jurang antara si miskin dan si kaya makin lebar,” sambung @epyepoyzz.

Akun @TheKopRossonero menimpali. Kata dia, yang kaya semakin menumpuk hartanya. Sedangkan si miskin untuk makan sehari-se­hari saja susah. Sementara pandemi Covid-19 belum diketahui kapan akan berakhir.

Berita Terkait : Pengusaha Kucing-kucingan Dengan Satgas Covid Daerah

Senada, @yekti_susanti melihat kesenjan­gan sosial di masyarakat di saat pandemi lebih ekstrim. Kata dia, banyak miliuner berhasil menggandakan kekayaannya.

“Masyarakat ekonomi menengah, mereka membutuhkan lebih dari satu dekade untuk memulihkan keadaan ekonominya,” ujarnya.
 Selanjutnya