Dark/Light Mode

Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik

Indonesia Jadi Inspirasi Banyak Negara

Selasa, 14 Mei 2019 08:27 WIB
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Antara/Aprillio Akbar).
Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kanan) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Antara/Aprillio Akbar).

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima tahun bertugas di Indonesia memberi Moazzam Malik kesempatan melihat perkembangan Indonesia. Sebagai negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim, Indonesia dinilai sebagai contoh bagi negara berkembang.

“Indonesia merupakan negara yang menginspirasi bagi banyak negara. Negara saya juga terinspirasi dengan cara Indonesia yang memberlakukan warganya dengan adil,” ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia tersebut.

Ditemui usai acara penanaman pohon di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta, Minggu (12/5), Dubes Malik menyebut Indonesia sebagai negara yang sukses menyeimbangkan antara demokrasi dan toleransi beragama.

Baca juga : Dapat Kejutan Di Iftar Bareng WNI

“Ini bisa dicontoh negara lain yang masih mencoba sistem ketatanegaraan yang seimbang,” ujarnya.

Selama bertugas di Indonesia, Dubes Malik mengaku melihat besarnya toleransi beragama di Indonesia. “Semua pemeluk agama memiliki hak dan kebebasan menjalankan kepercayaan mereka dan merayakan hari besar keagamaan dengan damai. Ini merupakan contoh yang menginspirasi banyak pihak,” pujinya.

Ditambah lagi, Indonesia baru saja menyelesaikan proses pesta demokrasi serentak pada 17 April. “Saya melihat pemilu Indonesia sangat lancar dan damai. Saya salut dengan para petugas pelaksana,” sambungnya.

Baca juga : Gelar Buka Puasa Di Ponpes Luhur al-Tsafaqah

Ditanya apa ada hal lain lagi yang ‘ngangenin’ dari Indonesia, Dubes Malik menyebut soal kecintaan Indonesia akan sepak bola. Dia memang seorang penggila sepak bola. Dia adalah fans berat klub sepak bola Inggris Liverpool. Diplomat keturunan Pakistan ini sangat sering muncul di acara nobar pertandingan liga Inggris.

Bahkan, di pertandingan terakhir di musim 2018-2019, Dubes Malik terlihat ikut nobar pertandingan Liverpool versus Wolverhampton Wanderers di Cilandak Town Square, Jakarta, Minggu malam (12/5).

“Indonesia merupakan negara besar yang hebat. Punya potensi yang bisa digali bersama. Inggris akan selalu bersama Indonesia,” tandasnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.