Dark/Light Mode

Duta Besar Belanda Untuk Indonesia Rob Swartbol

Pamitan Di Acara Kings Day

Kamis, 2 Mei 2019 07:44 WIB
Dubes Rob Swartbol (kanan) diberi semangat oleh Menteri 
Perhubungan Budi Karya Sumadi di perayaan King’s Day, Selasa (30/4). (Foto : Istimewa).
Dubes Rob Swartbol (kanan) diberi semangat oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di perayaan King’s Day, Selasa (30/4). (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan hari lahir Raja Belanda Willem-Alexander, yang dinamai King’s Day atau Koningsdag, di Jakarta, Selasa (30/4), berlangsung meriah.

Bertempat di Erasmus Huis, Jakarta, perayaan tersebut digelar outdoor dan indoor. Warna oranye juga mendominasi venue acara King’s Day di Jakarta, kemarin.

Di bagian outdoor, para tamu dimanjakan dengan berbagai booth makanan dan minuman khas Belanda. Ada berbagai jenis keju dan bir yang bisa dinikmati tamu sepanjang acara. Di bagian dalam, para tamu juga bisa menikmati desain unik dan futuristik Erasmus Huis dan perpustakaan Erasmus yang bakal bikin para kutu buku ogah pulang.

Baca juga : Serahkan Penghargaan Kepada 4 Alumni Australia

Menurut Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol, acara King’s Day di Belanda banyak kegiatan. Mulai festival makanan, konser musik, pawai, pasar kaget. “Kita semua menggunakan pakaian berwarna oranye. Karena itu warna khas kerajaan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Swartbol berpamitan. Tugasnya selama 4,5 tahun di Indonesia akan berakhir dua bulan lagi. Ia akan melanjutkan tugas sebagai dubes di Rusia.

“Saya mau berterima kasih kepada teman dan rekan yang sudah membantu saya selama bertugas di Indonesia. Saya akan merindukan Indonesia,” katanya.

Baca juga : Luhut Yakin Indonesia Aman Dari Jebakan Utang Belt and Road

Ia akan mengingat keramahan dan kehangatan dari Jakarta, Aceh hingga Papua. Dubes hobi main sepeda itu juga bakal kangen makanan Indonesia.

“Rendang, sate, sop ayam, apa lagi ya? Banyak. Saya sungguh berat meninggalkan makanan-makanan enak di sini,” ujarnya sembari tersenyum.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang hadir dalam acara itu mendoakan Swartbol sukses di penempatan selanjutnya. “Good luck teman baikku. Jangan lupakan Indonesia ya,” pesan Menteri Budi Karya.

Baca juga : Luncurkan “English For Jakarta”

Sejak menjadi Dubes Belanda untuk Indonesia pada 19 Desember 2014, Swartbol telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Belanda di berbagai bidang.

Kerja sama bidang pengelolaan air limbah, pemanfaatan sampah menjadi energi alternatif, maritim, dan penanggu- langan terorisme menjadi fokus perhatiannya selama bertugas di Indonesia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.