Dark/Light Mode

Dubes Jenkins Kembali Tegaskan AUKUS Untuk Stabilitas Indo-Pasifik

Rabu, 6 Oktober 2021 14:50 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins . (Foto: Istimewa)
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins . (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dubes Jenkins menegaskan Inggris dan AS tidak akan memulai kemitraan AUKUS tanpa adanya komitmen tersebut. Ia menyebut kemitraan AUKUS hanyalah salah satu bagian dari upaya bersama dalam mempertahankan fondasi kesejahteraan Indo-Pasifik.

Baca juga : Pemerintah Berupaya Tingkatkan Akses Penyandang Disabilitas

Untuk memastikan kemakmuran dan keamanan bersama di kawasan kritis ini, lanjut Dubes Jenkins, Inggris harus membuat komitmen jangka panjang untuk Indo-Pasifik.

Baca juga : Gus Halim: Penuntasan Kemiskinan Ekstrem Level Desa Berbasis Individu

"Sama halnya dengan Strategi Indo-Pasifik–yang merupakan komitmen jangka panjang Inggris untuk terlibat dan mendukung keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif. Kemitraan bilateral yang kuat akan menjadi inti dari komitmen ini – seperti kemitraan yang kuat dan terus berkembang antara Inggris dengan Indonesia," ungkapnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.