Dark/Light Mode

Makin Banyak Pemimpin Dunia Selamati Jokowi

Dunia Internasional Yakin Pemilu RI Jurdil

Kamis, 23 Mei 2019 06:12 WIB
Presiden Joko Widodo diapit PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping di acara KTT 
Asia-Afrika 2015. AP
Presiden Joko Widodo diapit PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping di acara KTT Asia-Afrika 2015. AP

RM.id  Rakyat Merdeka - Seharian kemarin, makin banyak pemimpin dunia mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi di Pilpres 2019. Ini membuktikan bahwa dunia internasional yakin, pemilu kita berlangsung jujur dan adil.

PERDANA MENTERI (PM Jepang Shinzo Abe juga ikut menyampaikan selamat kepada Presiden Jokowi. PM Abe berharap, ke depannya, kemenangan ini bisa menambah erat hubungan persahabatan dan kerja sama Jakarta-Tokyo.

“Dalam pesan ucapan selamat tersebut, PM Abe menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo,” demikian dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Selasa (21/5).

Presiden China Xi Jinping Selasa (21/5) juga mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi.

“Sebagai dua negera berkembang yang besar, China dan Indonesia merupakan mitra kerja sama natural yang memiliki banyak kepentingan sama di tingkat bilateral, regional maupun multilateral,” kata Xi Jinping dalam keterangan pers di situs web Kedutaan Besar China di Indonesia: id.china-embassy. org, kemarin.

“Saya sangat mementingkan hubungan antara China dan Indonesia dan bersedia terus bekerja sama dengan Presiden Jokowi untuk memimpin kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia melangkah ke tingkat lebih tinggi dari capaian dalam lima tahun berlalu dalam rangka memberi manfaat kepada kedua negara kita dan rakyatnya,” tutur Xi.

Baca juga : Jokowi: Kita Harus Berpikir Visioner Jangka Panjang

PM Australia Scott Morrison tidak ketinggalan. Lewat akun Twitter-nya, Morrison mengucapkan selamat kepada Jokowi. PM Morrison mengungkapkan bahwa Indonesia adalah rekan penting bagi Australia.

“Indonesia adalah salah satu negara strategis paling penting bagi Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia,” cuitnya.

Cuitan PM Morison itu pun turut dicuit ulang Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. Dubes Quinlan menerjemahkan cuitan dari PM Morison yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. tak mau kalah. Lewat akun Twitter US Embassy, kemarin, Dubes Donovan mengucapkan selamat kepada Jokowi.

“Amerika Serikat memberi selamat atas kesuksesan pemilu yang lancar. Kami ucapkan selamat pada Presiden Joko Widodo dan Ma’rif Amin atas kemenangan amda. Kami berkomitmen melanjutkan dan memperdalam kerja sama dan persahabatan yang sudah berjalan selama 70 tahum ini,” cuit Dubes Donovan.

“Kami berkomitmen untuk memperdalam Kemitraan Strategis AS-Indonesia dan bekerjasama dengan para pemimpin terpilih Indonesia saat kita merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.”

Baca juga : Hasil Pemilu Di Vatikan, Jokowi Raih 99 Persen

Dubes Donovan juga mengatakan, “Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas terselenggaranya pemilihan umum yang sukses, bebas, dan adil.”

Demikian juga dengan Kerajaan Arab Saudi. Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta menyampaikan ucapan selamat dari pemimpin kerajaan Saudi, Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud dan putra mahkota Pangeran Mohammad bin Salman.

“Pemimpin Kerajaan mengucapkan selamat atas kembali terpilihnya Joko Widodo untuk kepemimpinan periode kedua,” isi akun Twitter Kedubes Saudi sembari mempos ucapan selamat Raja Salman dan Pangeran Mohammad bin Salman dalam bahasa Arab.

Hal senada disampaikan Duta Besar Korea Selatan Kim Chang-beom. Dia menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Moon Jae-in atas kemenangan Jokowi.

“Selamat dari Presiden Moon Jae-in @moonriver365 kepada Presiden Jokowi @jokowi atas kembali terpilihnya sebagai Presiden Indonesia,” cuit Dubes Kim Chang-beom.

“Beliau (Presiden Moon) berharap kerja sama yang semakin luas dan dalam antara RI dan Ko￾rea Selatan,” lanjut Dubes Kim.

Baca juga : Jokowi Punya Pengalaman Prabowo Punya Masa Lalu

Dari Inggris, Menteri Luar Negeri Inggris untuk urusan Asia dan Pasifik, Mark Field juga turut mengucapkan selamat, kemarin viaTwitter “Selamat Presiden @Jokowi atas kembali terpilihnya Anda. Sangat menanti untuk membangun persahabatan yang luar biasa dan memperkuat hubungan kita selama 70 tahun hubungan diplomatik. #UKRI70,” cuit Menteri Filed.

Duta Besar Inggris di Indonesia Moazzam Malik juga ikut mencuitkan ucapan selamat via akun Twitter-nya. “Selamat atas terpilihnya kembali Pak @jokowi sebagai Presiden RI dan KH Ma’ruf Amin sebagai Wapres. Semoga sukses,” cuit Dubes Malik.

“Indonesia adalah mitra penting bagi Inggris dan kami berkomitmen terus tingkatkan kemitraan menuju kemakmuran bersama!” tutupnya. (DAY)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.