Dark/Light Mode

Hari Ini, Bill Clinton Pulang Dari Rumah Sakit

Minggu, 17 Oktober 2021 09:24 WIB
Mantan Presiden AS Bill Clinton (Foto: CNN via Getty Images)
Mantan Presiden AS Bill Clinton (Foto: CNN via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika tak ada aral melintang, Presiden AS ke-42 Bill Clinton akan meninggalkan University of California Irvine (UCI) Medical Center, Orange, California pada hari ini, Minggu (17/10).

Info ini disampaikan Juru Bicara Clinton, Angel Urena melalui akun Twitter-nya, Sabtu (16/10).

"Progress-nya bagus. Namun, Clinton masih akan menginap satu malam di UC Irvine Medical Center untuk menerima pengobatan antibiotik intravena, sebelum meninggalkan rumah sakit pada Minggu (17/10)," ungkap Urena.

CNN menyebut, Clinton telah menghabiskan waktu selama beberapa hari di ruang ICU, karena mengalami infeksi saluran kemih.

Berita Terkait : Tak Terkait Covid, Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat Di RS

"Semangat sembuhnya besar. Dia menghabiskan waktunya dengan keluarga dan kerabat, serta menonton sepakbola. Clinton mengucapkan terima kasih atas perawatan yang telah diberikan pihak rumah sakit, juga kepada orang-orang yang mendoakan," imbuh Urena.

Pantauan CNN, istri Clinton yang juga mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan anaknya Chelsea Clinton terlihat tiba di fasilitas kesehatan tersebut, pada Sabtu (16/10).

Clinton banyak menerima doa dan dukungan dari para penggede AS. Seperti Wakil Presiden Kamala Harris, mantan Presiden George Walker Bush dan Al Gore, yang pernah mendampinginya sebagai Wakil Presiden.

Presiden AS Joe Biden juga telah berbicara langsung dengan Clinton via telepon, pada Jumat (15/10).

Berita Terkait : Hari Terakhir, Tim Renang DKI Tambah 2 Emas

Kondisi Clinton saat ini dilaporkan membaik. Dia sudah mulai jalan pelan-pelan di sekitar rumah sakit.

Clinton yang berada di California untuk acara yayasannya, merasa lelah pada Selasa (12/10). Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, mantan Gubernur Arkansas itu pun menjalani rawat inap.

Dokter menyebut, infeksi urologi sangat umum terjadi pada orangtua. Meski mudah diobati, infeksi tersebut dapat dengan cepat menyebar ke aliran darah.

Clinton yang kini berusia 75 tahun, sudah menjalani 4 kali operasi jantung bypass pada tahun 2004. Tahun 2010, idua stent dipasang di jantungnya, untuk membuka satu arteri.

Berita Terkait : Ini, 2 Modal Penting Keluar Dari Pandemi

Namun, tim dokter menegaskan, rawat inapnya kali ini, sama sekali tidak terkait dengan riwayat penyakit jantung atau Covid-19. [HES]