Dark/Light Mode

Dubes Roem Kono Ajak Diaspora Indonesia Genjot Kerja Sama Ekonomi

Kamis, 21 Oktober 2021 07:59 WIB
Dubes Indonesia Untuk Bosnia Dan Herzegovina Roem Kono. (Foto: Istimewa)
Dubes Indonesia Untuk Bosnia Dan Herzegovina Roem Kono. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebagai pemimpin perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan telah merambah ke sejumlah negara, Dadan menyampaikan rencananya untuk melakukan ekspansi bisnis ke Bosnia.

Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) Global, Kartini Sarsilaningsih, menyambut baik seruan tersebut. Selama ini, kata dia, IDN Global juga telah membantu perusahaan dan UMKM Indonesia untuk memasarkan produk dan jasanya di sejumlah negara.

Baca juga : Pebisnis Indonesia-China Bahas Kerja Sama Digital, Industri Kesehatan Dan Ekonomi Hijau

Tetapi mengingat usahawan diaspora yang jumlahnya terbatas, Kartini mengharapkan adanya upaya Pemerintah, pengusaha, serta asosiasi pengusaha untuk lebih memberdayakan diaspora Indonesia.

Misalnya, ada importir yang sudah punya izin usaha di negara lain, mungkin bisa melatih diaspora dari kalangan profesional, pengajar, pelajar, atau ibu rumah tangga untuk diberdayakan sebagai marketing representatives.

Baca juga : Dukung Transformasi Digital ASEAN, Indonesia Tekankan 4 Pandangan

Kartini menegaskan, organisasi diaspora yang dipimpinnya terbuka untuk menjalin kerja sama dengan semua pihak di Tanah air. Termasuk dengan Pemerintah Daerah, yang ingin mempromosikan produk-produk daerahnya di pasar internasional. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.