Dark/Light Mode

Kirim Pesan Video Di Pertemuan COP26

Ratu Elizabeth: Waktunya Bergerak, Bukan Berbicara

Selasa, 2 November 2021 12:15 WIB
Ratu Elizabeth II. (Foto: Ist)
Ratu Elizabeth II. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratu Elizabeth II mengirim pesan video kepada para pemimpin dunia yang hadir dalam pertemuan tingkat tinggi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) di Glasgow, Senin (1/11).

Ratu Elizabeth memang tidak bisa hadir dalam pertemuan di Skotlandia karena kurang fit. Dokter Kerajaan sudah menyarankan sang ratu untuk istirahat selama dua pekan dan tidak melakukan aktivitas luar ruangan.

Dalam pesan video yang diputar pada hari pertama COP26, Ratu Elizabeth mengingatkan, kini sudah waktunya para pemimpin negara beraksi dan tidak lagi sibuk berwacana.

Baca juga : Rehat 2 Pekan, Ratu Elizabeth Cuma Boleh Ikut Kegiatan Virtual

"Ini adalah waktunya bergerak. Tidak ada lagi waktunya berbicara demi anak-anak kita," ujar Ratu Elizabeth dikutip Reuters, Selasa (2/11).

"Adalah harapan banyak orang bahwa warisan KTT ini akan ditulis dalam buku-buku sejarah," sambungnya.

"Manfaat dari tindakan seperti itu tidak akan dinikmati oleh kita semua di sini hari ini: kita, tidak seorang pun dari kita akan hidup selamanya. Tetapi kita melakukan ini bukan untuk diri kita sendiri tetapi untuk anak dan cucu kita," tutur Elizabeth lagi.

Baca juga : Menteri Siti: Indonesia Komitmen Atasi Perubahan Iklim

Dia kemudian memberi penghormatan kepada mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal awal tahun ini dalam usia 99 tahun.

Elizabeth ingat, Philip pernah mengatakan dalam sebuah pertemuan akademis pada tahun 1969 tentang perlunya mengatasi ancaman dari polusi.

Ratu mengatakan, dia sangat bangga karena kini  pekerjaannya telah dilanjutkan dua ahli waris terdekatnya, yaitu putranya Pangeran Charles dan cucunya Pangeran William, yang menghadiri COP26. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.