Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dubes RI Beijing Minta JD.com Dukung UMKM Masuk Pasar China

Rabu, 3 Nopember 2021 17:00 WIB
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun berbicara dalam forum yang digelar JD.com, di Beijing, 2 November 2021. (Foto KBRI Beijing)
Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun berbicara dalam forum yang digelar JD.com, di Beijing, 2 November 2021. (Foto KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun bersama dengan tiga dubes lain dari Chile, Denmark dan Thailand berpartisipasi dalam forum promosi bertajuk Synchronizing the Better Life: Ambassadors' Forum on International Consumption di Beijing, Selasa, 2 November 2021.

Dalam cara yang diinisiasi JD.com (Jingdong) itu, Dubes Djauhari mengapresiasi perkembangan platform JD.ID yang beroperasi di Indonesia sejak 2015. Mantan Dubes RI untuk Rusia itu menekankan pentingnya JD.com untuk terus mendukung masuknya perusahaan UMKM Indonesia di pasar China.

Berita Terkait : Dubes Tantowi Yahya: Buru Mitra Dagang, Bidik Negara Pasifik

"Sebagai mitra dagang terbesar bagi Indonesia, kolaborasi dengan China melalui platform digital harus terus ditingkatkan. Khususnya dengan mempertimbangkan pesatnya kemajuan teknologi digital dan e-commerce di Tanah Air," ucap Pak Djo, demikian ia akrab disapa.

Mantan Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Isu-isu Strategi itu mencatat, pada 2020, transaksi e-commerce Indonesia mencapai 44 miliar dolar AS atau meningkat 44 persen year-on-year (YOY). Pada 2030 diprediksi meningkat 8 kali lipat, mencapai 323 miliar dolar.

Berita Terkait : Lolos Audit Virtual, Eksportir Sarang Burung Walet Masuk Pasar China Lagi

Terkait pemasaran produk UMKM, menurut Djauhari, Kementerian Perdagangan RI pada awal 2021 telah meluncurkan platform e-commerce bernama IDNStore. Wadah untuk pemasaran produk-produk UMKM Indonesia. Djauhari berharap, langkah tersebut berdampak bagi peningkatan ekspor Indonesia ke China. Hingga saat ini, terdapat 2.600 UMKM dengan lebih dari 21.000 jenis produk yang bergabung dalam IDNStore.

Selanjutnya, Dubes Djauhari mengusulkan dijalinnya kerja sama antara JD.com dan IDNStore. "Kolaborasi dengan platform e-commerce seperti JD.com merupakan hal penting, terutama untuk mendorong ekspor produk UMKM Indonesia ke pasar China sebagai pasar consumer goods terbesar dunia," terangnya.

Berita Terkait : Kunker ke Kuningan, Ketua DPD Kunjungi Petilasan Prabu Siliwangi

Fasilitasi UMKM
 Selanjutnya