Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lolos Audit Virtual, Eksportir Sarang Burung Walet Masuk Pasar China Lagi

Selasa, 26 Oktober 2021 11:26 WIB
Sarang Burung Walet. (Foto: ist)
Sarang Burung Walet. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sempat tertahan, paska pemberitahuan dari Otoritas Kepabeanan China (General Administration of Customs China/GACC), kini dua dari lima eksportir dapat kembali melakukan ekspor.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Karantina Pertanian, Bambang melalui keterangan persnya, Selasa (26/10).

"Pemberitahuan tersebut, terkait evaluasi realisasi impor SBW dari Indonesia, melebihi kapasitas yang telah ditetapkan," jelas Bambang.

Menurut Bambang, dari lima perusahaan,  ditemukan empat perusahaan yang mengekspor melebihi dari kapasitas produksi saat didaftarkan pertama kali ke China tahun 2017 silam, dan satu perusahaan terkait kandungan nitrit yang melebihi ketentuan, yakni di atas 30 ppm.

Baca juga : Berkas Dilimpahkan, Eks Walkot Batu Segera Diadili Lagi

"Sejalan dengan kebijakan Bapak Menteri Pertanian, terkait peningkatan ekspor tentunya hal ini menjadi perhatian khusus kami. Berbagai upaya dilakukan, antara lain bernegosiasi dengan negara tujuan dan melakukan pembinaan kepada pelaku usaha," ujarnya.

Secara teknis, Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Wisnu Wasisa Putra, menyebutkan Barantan memberikan pendampingan  

kepada pelaku usaha saat pemerintah Tiongkok melalui GACC menggelar audit  kembali kepada lima perusahaan yang terkena pembekuaan ekspor secara virtual.

"Dan hasilnya, 2 perusahaan, yakni PT ACWI dan PT FNS kembali mendapatkan persetujuan atas permohonan ekspor kembali pada bulan Oktober 2021," kata Wisnu.

Baca juga : Ludes Dalam 1 Bulan, Buku "Negara Butuh Haluan" Bamsoet Masuk Cetakan Ke-2

Sementara tiga perusahaan lainnya, masih diperlukan klarifikasi dan melampirkan hasil uji laboratorium. Sehingga  kembali mengikuti bimbingan teknis dari Barantan sambil menunggu jadwal audit GACC, tambah Wisnu.

Sebagai informasi, dari data IQFAST Barantan, Kementan hingga Oktober (21/10) sebanyak 1,1 ton sarang burung walet (SBW) asal tanah air telah diekspor ke manca negara, dan sebanyak 177,1 ribu ton atau 17 persen di antaranya menuju negara China.  

Selain China, pasar SBW RI juga telah menembus 22 negara tujuan lainnya, seperti Australia, Amerika Serikat, Vietnam, Inggris, Singapura dan lainnya. “China menjadi tujuan pasar ekspor yang diincar oleh para pelaku usaha SBW di tanah air mengingat harga jualnya yang lebih tinggi walaupun dengan persyaratan yang lebih ketat,” jelas Bambang.

Barantan memberikan perhatian khusus pada persyaratan sanitari dan protokol ekspor SBW dengan tujuan China ini. Selain secara teknis kandungan nitrit yang tidak boleh lebih dari 30 ppm, negara ini juga telah memberlakukan kuota dengan menerapkan sistem ketertelusuran atau traceability system. 

Baca juga : NasDem Punya Prasangka Baik

"Dengan penerapan sistem ini, semua menjadi terpantau dari hulu hingga hilir, " tambahnya lagi.

Pakta Kepatuhan

Mengantisipasi pemberlakuan yang sama kedepan, Barantan juga menggelar pertemuan dengan 50 perusahaan eksportir SBW dari seluruh Indonesia (21/9). Hal ini dimaksudkan agar para eksportir mematuhi peraturan perundangan karantina dan protokol bilateral yang disepakati Indonesia-RRT.

"Seperti pesan Pak Menteri Pertanian, ekspor bukan hanya soal nilai, tapi juga kebanggan bagi bangsa. Mari kita jaga untuk kesejahteraan bersama," pungkas Bambang. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.