Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Kutai Kartanegara

Menteri LHK Tekankan Langkah Perlindungan Dan Rehabilitasi Mangrove Nasional

Senin, 5 April 2021 11:38 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya mengunjungi Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam di Saliki, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (4/4). (Foto: KLHK)
Menteri LHK Siti Nurbaya mengunjungi Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam di Saliki, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu (4/4). (Foto: KLHK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya mengunjungi Pusat Informasi Mangrove (PIM) Delta Mahakam yang berlokasi di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kunjungan kerja hari kedua di Kalimantan Timur ini untuk melihat kesiapan PIM yang dicalonkan menjadi lokasi pembangunan Persemaian Modern Mangrove Kalimantan Timur, Minggu, (4/4).

Baca juga : 3 Menteri Raih Kesepakatan Bisnis Rp 20 T

Sehari sebelumnya ketika mengunjungi areal calon Ibu Kota Negara (IKN) Menteri Siti berujar bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama-sama Kemenkomarves dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bappenas, serta Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) sedang terus menata persoalan perlindungan dan rehabilitasi mangrove secara nasional termasuk di Kalimantan Timur.

"Terkait mangrove, saya kira Kalimantan Timur terus ke pantai timur sampai ke utara tutupan mangrovenya banyak sekali, belum lagi di delta-delta sungai sampai ke dalam, juga yang dekat wilayah IKN itu semua sedang kita tata," ucapnya.

Baca juga : Pemerintah Perlu Tingkatkan Daya Saing Industri Gula Nasional

Oleh karena itu sebagai salah satu langkah untuk percepatan perlindungan dan rehabilitasi mangrove nasional yang menjadi instruksi langsung Presiden Jokowi, maka ketersediaan persemaian mangrove modern dan berkapasitas besar perlu disiapkan.

Persemaian modern mangrove di PIM Delta Mahakam dirancang dengan luas 25 hektare. Kapasitas produksi bibit mangrove dirancang mencapai 10 juta bibit per tahun dengan siklus produksi 2-3 kali per tahun.

Baca juga : Kunker Ke Kaltim, Wamen LHK Apresiasi Keberhasilan Rehabilitasi DAS

PIM Delta Mahakam yang terletak kurang lebih 1 jam dari Bandara APT Pranoto Samarinda cukup potensial jadi lokasi persemaian modern mangrove karena telah terdapat beberapa infrastruktur terbangun seperti Kantor, mess karyawan, dermaga, aula dan rumah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.