Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendes PDTT: Idul Fitri Dongkrak Perputaran Uang Di Desa

Rabu, 12 April 2023 14:40 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (kanan). (Dok. Kemendes PDTT)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (kanan). (Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momentum Hari Raya Idul Fitri diharapkan bakal mendongkrak perputaran uang di desa. Dengan demikian laju perekonomian di desa menjadi meningkat.

Harapan itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat menghadiri penukaran uang pecahan yang dilaksanakan di kantor Kemendes PDTT Jakarta bersama Bank Indonesia (BI).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim itu meminta, keluarga besar Kemendes PDTT disarankan untuk sebanyak-banyaknya menukarkan uang baru agar semakin banyak yang dibagikan kepada sanak keluarga di kampung halaman atau desa.

"Percaya sama saya karena semakin banyak berbagi maka semakin banyak rezeki yang akan datang karena membahagiakan orang lain akan mendapatkan limpahan kebahagiaan dari Allah SWT," kata Gus Halim, seperti keterangan yang diterima RM.id, di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca juga : Jadi SDGs Desa Center Kedua, Gus Halim Ajak Untidar Bangun Desa Dengan Data

Dia menjelaskan, uang THR (Tunjangan Hari Raya) yang bisa dibawa dan dibagi-bagikan ke desa ini masih baru dan uang emisi 2022.

"Yang paling membahagiakan karena yang ditukarkan uang emisi 2022 yang kalau Bahasa Jawanya kinyis-kinyis (masih baru)," ungkapnya.

Gus Halim memberikan apresiasi atas kehadiran Bank Indonesia sehingga ada dua hal bisa dinikmati oleh keluarga besar Kemendes PDTT.

"Pertama, bisa tukar uang tanpa harus desak-desakan atau antre, tanpa harus kepanasan serta tanpa biaya," ujarnya.

Baca juga : Mendes PDTT: Lebih Besar 20 Persen Dibanding Tahun Lalu

Kedua, dengan uang baru maka sanak saudara yang bakal dibagikan THR maka bakal semakin senang karena menerima uang emisi 2022.

"Saya cermati uang itu tidak pernah dilipat dan disimpan dengan rapih. Ini bentuk literasi keuangan bagi generasi penerus untuk terus mencintai uang rupiah. Ini penting karena kita harus selalu mencintai rupiah," kata Gus Halim.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Uang Bank Indonesia Agus Susanto juga berterima kasih karena diundang Kemendes PDTT untuk penukaran uang pecahan pada 2023, setelah sebelumnya dilaksanakan pada 2022.

Agus menjelaskan, tahun ini memang diputuskan uang yang ditukarkan menggunakan emisi 2022. Kebijakan ini tidak seperti tahun sebelumnya masih menggunakan emisi 2016.

Baca juga : Gus Halim: Jangan Terjebak Pada Wisata Pabrikan

Tahun ini uang yang dipersiapkan untuk ditukarkan di Kemendes PDTT sekitar Rp 2,5 miliar.

Turut hadir dalam penukaran ini, Dirjen PDP Sugito, Irjen Teguh, Kepala BPSDM Luthfiyah Nurlaela, Kepala BPI Ivanovich Agusta, Dirjen PPKTrans Danton Ginting, Kepala Biro Kepegawaian Fajar Tri Suprapto, Kepala Biro Humas Erlin Chaerlinatun dan Kepala Biro Perencanaan Cece Yusuf.

Sedangkan dari Bank Indonesia, turut mendampingi Agus Susanto, Deputi Direktur Departemen Komunikasi Pudji Widodo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.