Dark/Light Mode

Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Perkuat Desa Di ASEAN

Jumat, 12 Mei 2023 16:00 WIB
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim). (Dok Kemendes PDTT)
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (Gus Halim). (Dok Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Pada Tahun Anggaran 2023, sesuai dengan National Calendar Pilar Sosial Budaya pada Masa Keketuaan Indonesia di ASEAN Tahun 2023, Indonesia sebagai Focal Point SOMRDPE akan melaksanakan 2 (dua) pertemuan, yaitu: ASEAN Collaborative Forum on Localizing 2030 SDGs in the Village dan ASEAN Rural Culture Expo in the Framework of ASEAN Identity.

Dalam pertemuan itu disepakatilah ASEAN Villages Network (AVN) atau Jejaring Desa ASEAN yang pertama. Untuk tahap awal, AVN akan fokus pada 3 (tiga) area/lokus kerja sama tematik, yaitu yang pertama desa wisata karena wisata yang selama ini cenderung ditangani pada level-level tertentu bisa saling dipromosikan sampai ke level desa di ASEAN.

Baca juga : Wapres: Hidupkan Jalur Perdagangan Rempah Maluku

Kedua, desa digital karena sesuai dengan perkembangan zaman bertujuan dalam hal pemasaran desa wisata dan produk unggulan desa.

Serta mempercepat dan memperkuat dan meningkatkan literasi digital masyarakat desa agar upaya menangkal dan memerangi hoax juga bisa dilakukakan sampai level desa.

Baca juga : Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Kesejahteraan, Entaskan Kemiskinan

Terakhir Desa OVOP (One Village One Product) karena untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, melalui produk-produk unggulan desa yang nantinya diharapkan dibangun BUMDes Bersama lintas negara ASEAN untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Desa-desa yang menjadi Pilot Project pun sudah ditetapkan seperti untuk desa wisata Desa Mangunan di Bantul DIY, Desa Kembang Kuning di Lombok Timur NTB, Desa Sekapuk di Gresik Jatim.

Baca juga : Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Untuk desa digital Desa Cibiriu Wetan di Bandung Jabar, Desa Duda Timur di Karangasem Bali, Desa Kubu di Kubu Kalimantan Barat.

Untuk Desa OVOP Desa Muara Badak Ulu di Kutai Kartanegara Kaltim, Desa Namang di Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Desa Blendung di Pemalang Jawa Tengah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.