Dark/Light Mode

Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Kamis, 11 Mei 2023 19:56 WIB
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembentukan Jejaring Desa ASEAN atau ASEAN Village Network (AVN) bertujuan untuk bersama-sama meningkatkan taraf hidup masyarakat ASEAN secara berkelanjutan.

Maka dari itu, Jejaring Desa nantinya akan difokuskan pada program-program kolaboratif antar negara ASEAN dalam pengembangan desa wisata, desa digital serta pengembangan produk unggulan atau One Village One Product (OVOP).

Demikian disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

“Fokus Jejaring Desa ASEAN itu ada tiga, yaitu Pertama Desa Wisata. Dalam hal ini anggota KTT ASEAN saling berkolaborasi dalam mengembangkan desa wisata," kata pria yang akran disapa Gus Halim ini, Rabu (10/5/2023).

Baca juga : Gus Halim: Jejaring Desa ASEAN Tingkatkan Taraf Hidup

Dengan pengembangan desa wisata yang dilakukan secara berjejaring, antardesa di ASEAN nantinya akan saling terkoneksi secara promosi satu dengan lain. Yang kedua lanjut Gus Halim adalah Desa Digital.

Menurutnya, pengembangan desa digital penting untuk mempercepat literasi digital di tingkat desa agar masyarakat tidak mudah terpapar berita-berita hoax.

"Ketiga, One Village One Product. Jadi, setiap desa mempunyai produk-produk unggulan yang bisa bekerja sama dengan lintas negara," kata Doktor Honoris Causa daro UNY ini.

Dengan demikian, Gus Halim mengatakan, ruang gerak desa yang ada di Indonesia sekarang tidak lagi terbatas pada desa-desa yang ada dalam negeri, juga bisa melakukan kerja sama dengan desa di negara lain.

Baca juga : KTT Ke-42, Gus Halim: Indonesia Inisiasi Jejaring Desa ASEAN

Inisiatif Indonesia yang diwakili Kemendes PDTT dalam pembentukan Jejaring Desa ASEAN atau AVN dengan tiga program tersebut mendapat sambutan hangat dari negara-negara anggota KTT ke-42 ASEAN.

Mereka menganggap Indonesia telah berhasil membangun negaranya yang dimulai dari pembangunan desa. Salah satunya dengan menetapkan SDGs Desa sebagai arah pembangunan desa.

"Adanya AVN di Indonesia, negara-negara di ASEAN akan berupaya untuk pelokalan SDGs di tingkat desa," kata Gus Halim.

Gus Halim berharap dengan terbentuknya Jejaring Desa ASEAN akan memperkuat Kolaborasi Regional ASEAN di tingkat Desa.

Baca juga : Delegasi Pemerintah Malawi Tertarik Dengan Konsep SDGs Desa

Disamping itu, untuk membangun peningkatan kesejahteraan masyarakat serta menjadikan kebijakan pembangunan Desa di Indonesia sebagai tolok ukur dan etalase pembangunan Desa di negara lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.