Dark/Light Mode

Mendes Temukan 150 Desa Punya Pendapatan Di Atas Rp 1 Miliar

Kamis, 25 Mei 2023 15:13 WIB
(Dok. Kemendes PDTT)
(Dok. Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Grobogan Yuwono Joko, menjelaskan, pemda mendukung hasil Musdes Desa Ngranji.

Bersama-sama aparat desa, kami mulai dari menyusun anggaran dan detail pekerjaan bersama Dinas Pekerjaan Umum.

Baca juga : Gus Halim: Harkitnas Untuk kebangkitan Desa Demi Indonesia Emas 2045

"Juga mengusulkan perubahan peruntukan lahan sawah menjadji pertokoan ke Kementerian ATR/BPN. Serta menyiapkan Peraturan Desa sesuai hasil Musdes. Setelah semua aturan terpenuhi, barulah kios dibangun," jelasnya.

Sementara, Sekretaris Dinas PMD Grobogan Heru, tantangan saat ini adalah peningkatan kapasitas pengurus BUM Desa untuk mengelola unit usaha yang produktif di desa-desa.

Baca juga : Gus Halim Raih Gelar Sutan Khalifah Dari Warga Minangkabau

“Dari 273 desa di Grobogan, baru 4 desa memiliki BUM Desa kategori maju, sementara 7 BUM Desa kategori berkembang. Masih ada 166 BUM Desa yang baru masuk kategori baru tumbuh” ujar Heru.

Pendamping Desa Kecamatan Purwodadi, Nus Aisyah menambahkan, tantangan desa-desa yang memiliki PADes di atas semiliar rupiah, yaitu memiliki potensi ekonomi yang beragam dan tinggi.

Baca juga : Top! Kabupaten Limapuluh Kota Sukses Tuntaskan Transformasi UPK Eks PNPM Mandiri

"Maka, dibutuhkan kapasitas pengurus BUM Desa yang tinggi pula, agar mampu mengelola potensi ekonomi itu. Kami masih terus meningkatkan kapasitas para pengurus BUM Desa di Grobogan," imbuhnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.