Dark/Light Mode

Sekjen Taufik Madjid Paparkan Pentingnya Penguatan Kapasitas Kelembagaan Lokal Dalam Pembangunan Desa

Rabu, 19 Juli 2023 17:28 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid (tengah), dalam acara Musyawarah III Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB Provinsi Maluku Utara dan Bacarita Kerukunan untuk Maluku Utara Damai pada Pemilu 2024, di Ternate.(Dok. Kemendes PDTT)
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid (tengah), dalam acara Musyawarah III Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB Provinsi Maluku Utara dan Bacarita Kerukunan untuk Maluku Utara Damai pada Pemilu 2024, di Ternate.(Dok. Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah tingkat daerah dinilai memiliki kontribusi paling besar dan strategis dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Karena itu, kapasitas kelembagaan lokal tersebut harus terus ditingkatkan sehingga satu per satu masalah yang terjadi dalam pembangunan desa akan diselesaikan secara cepat.

"Kapasitas kelembagaan lokal harus diperkuat. Tidak ada motif lain kecuali memperbaiki kondisi mulai dari bawah tidak hanya pusat. Kita harus sama-sama mendukung teman-teman di Provinsi, Kabupaten/Kota, Desa/Kalurahan semuanya," terang Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid dalam kunjungan kerja di Ternate, Maluku Utara, seperti keterangan yang diterima RM.id Rabu (19/7/2023).

Sebelumnya, Taufik Madjid menjelaskan tiga masalah penting yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah khususnya di Provinsi Maluku Utara.

Baca juga : Cek Pabrik Sayap Garuda Istana Baru, Jokowi Yakin Pembangunan IKN Sesuai Target

Tiga masalah tersebut adalah ketimpangan yang masih tinggi.

Apalagi akibat pandemi yang belum seluruhnya terkonsoliasi, pengangguran yang masih berada di angka 4,60 persen pada Februari 2023, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Maluku Utara sebesar 69,47 pada catatan BPS 2022.

"Pertama adalah ketimpangan, kemudian pengangguran, dan terkait SDM yakni Indeks Pembangunan Manusia. Tiga masalah ini harus diselesaikan," tegas Taufik Madjid.

Seperti diketahui, angka IPM sangat penting untuk memahami kondisi sebuah daerah.

Baca juga : CIMB Niaga Beberkan Strategi Penguatan Fungsi Audit Internal Perbankan

Beberapa aspek penting di dalamnya di antaranya adalah kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Lebih lanjut Taufik Madjid menegaskan bahwa penyelesaian masalah-masalah tersebut membutuhkan peran Pemerintah Daerah yang harus didukung oleh Pemerintah Pusat.

Sebab Pemerintah Daerah merupakan ujung tombak yang bersinggungan langsung dengan masyarakat sementara pemerintah pusat harus menyusun kebijakan yang bisa memfasilitasi gerakan secara cepat dan tepat.

Sekadar informasi, Taufik bertemu langsung dengan para tokoh desa, tokoh pemuda, dan pemuka agama dalam kunjungan kerja di Ternate.

Baca juga : Mak Ganjar Buat Pelatihan Pembuatan Martabak Kentang Di Palembang

Dalam kesempatan ini, dia mendengarkan langsung penjelasan para tokoh terkait kondisi, masalah, dan potensi desa atau daerah yang sebenar-benarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.