Dark/Light Mode

Selusur Titik Nol Kilometer Islam

PPP Ingatkan Pentingnya Peradaban Islam Indonesia

Jumat, 23 Juni 2023 23:18 WIB
Partai Persatuan Pembangunan PPP menggelar selusur titik nol kilometer Islam di Barus, Tapanuli Tengah, Jumat (22/6). (Foto: Ist)
Partai Persatuan Pembangunan PPP menggelar selusur titik nol kilometer Islam di Barus, Tapanuli Tengah, Jumat (22/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar selusur titik nol kilometer Islam di Barus, Tapanuli Tengah. Kegiatan itu dimaksudkan untuk menguatkan peradaban Islam Indonesia. 

Kunjungan itu dimpin langsung oleh Sekjen PPP Arwani Thomafi bersama rombongan petinggi partai berlambang Kabah tersebut.

"Titik Nol Kilometer di Barus ini mengingatkan kami tentang peradaban Islam di Indonesia yang dimulai dari Barus," ujar Arwani saat berkunjung di Titik Nol Kilometer Islam di Barus, Tapanuli Tengah, Kamis (22/6). 

Baca juga : Pekan Literasi Digital Kota Makassar: Pentingnya Teknologi Digital di EraTransformasi

Arwani menegaskan peradaban Islam Indonesia menjadi khazanah yang penting untuk dijaga dan ditransformasikan dalam kehidupan saat ini. Menurut dia, tantangan dan kompleksitas masalah kebangsaan dan kenegaraan dapat didekati dengan kebudayaan dan peradaban. 

"Peradaban yang dihasilkan dari kreativitas para pendahulu, menjadi kekayaan yang harus selalu dijaga dan dikontekstualkan," kata Arwani. 

Peradaban Islam Indonesia, kata Arwani, menjadi peninggalan para ulama masa lalu yang memiliki makna penting bagi kehidupan saat ini.

Baca juga : SKK Migas Tekankan Pentingnya Perubahan Mindset Pekerja Industri Hulu Migas

"Peradaban yang dihasilkan oleh para ulama masa lalu  melahirkan wajah Islam Indonesia yang moderat, menjadi role model bagi dunia Islam lainnya," tegas Arwani. 

Arwani menegaskan PPP berkepentingan dan memiliki tanggung jawab untuk senantiasa menjaga dan menggali peradaban Islam di Indonesia untuk menjadikan panggung politik yang didasari nilai-nilai warisan para ulama terdahulu.

"Panggung politik harus diisi narasi peradaban yang luhur. PPP berkepentingan untuk meneladani dan mengembangkan warisan peradaban warisan ulama Indonesia," tandas Arwani.

Baca juga : Ketum Prabowo Mania 08 Ingatkan Pentingnya Penguatan Demokrasi

Selain berkunjung ke titik nol kilometer Islam Barus, Arwani juga berziarah ke Makam Syekh Rukunuddin dan Makam Syekh Mahmut yang masih terletak di Barus, Tapanuli Tengah, Sumut.

Dalam kunjungan tersebut Sekjen PPP ditemani Ketua DPW PPP Sumut Jafar, Ketua DPC PPP Tapteng, Ketua PBNU KH Arif Rahmansyah Marbun, akademisi UI Bastian Zulyeno, Pengurus LDNU PBNU KH. Achmad Ikrom, tokoh NU KH Cholis Fuad Al Mutamakin dan sejumlah kader PPP.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.