Dark/Light Mode

Bisa Turunkan Imun, Gus Halim Ingatkan Warga Desa Waspadai Cuaca Dingin

Jumat, 9 Juli 2021 14:20 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Ist)
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, beberapa hari terakhir suhu udara di sejumlah wilayah, di antaranya Pulau Jawa bagian timur, lebih dingin. Kondisi cuaca ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat. Apalagi, dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

"Ini bisa berdampak pada menurunnya imun. Harus diantisipasi di tengah pandemi seperti ini," ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, di Jakarta, Jumat (9/7).

Gus Halim, sapaan akrab Halim Iskandar mengatakan, hasil penelitian menunjukkan, Covid-19 lebih tahan pada kondisi dingin dan kering. Kelembapan udara yang rendah juga mendorong penguapan cipratan atau droplet virus menjadi partikel aerosol kecil yang bertahan di udara. Karena itu, risiko penularan melalui udara musim dingin lebih tinggi.

Baca juga : Kemendes PDTT Kerja Keras Urus Daerah Tertinggal, 32 Kabupaten Bakal Naik Kelas

Selain itu, cuaca dingin bisa semakin meningkatkan penularan karena orang akan lebih banyak berada dalam ruang tertutup.

Faktor cuaca ini berpotensi menambah jumlah kasus baru Covid-19, yang berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mencapai 38.391 dalam sehari, Kamis (8/7). Halim pun meminta warga membatasi mobilitas dalam kondisi cuaca seperti ini.

"Ini angka yang sangat tinggi, mohon para warga desa tetap di rumah saja jika tidak ada keperluan mendesak," imbaunya.

Baca juga : Hakim Izinkan Warga Tuntut Ganti Rugi Pemotongan Bansos

Gus Halim juga menyarankan warga desa agar cukup istirahat, yaitu tidur minimal tujuh jam, serta mengonsumsi makanan bergizi dan sehat. Warga desa juga bisa mengonsumsi tanaman herbal seperti jamu-jamuan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk menyokong warga desa agar bisa menyantap makanan bergizi dan mengonsumsi suplemen penambah imun, Gus Halim meminta para kepala desa alias kades untuk segera mencairkan dan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Para kepala desa, tolong dibantu ya, segera dicairkan Bantuan Langsung Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat," pinta Gus Halim.

Baca juga : Bantuan Kemensos Untuk Warga Yalimo, Papua Mulai Dibagikan Hari Ini

Hingga 7 Juli 2021, total penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa sebesar Rp 5.401.512.900.000 (Rp 5,4 miliar).

Sebelumnya, Gus Halim telah meminta warga desa untuk berdoa bersama keluarga di rumah agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Dia juga meminta Pos Gerbang Desa memperketat penjagaan selama 24 jam.

Selain itu, Gus Halim juga meminta ruang isolasi desa dimaksimalkan kembali, mengingat tingginya angka kasus positif Covid-19 yang menyebabkan ruang-ruang perawatan di rumah sakit penuh. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.