Dark/Light Mode

PPKM Darurat Di Desa Dikawal Pendamping

Rabu, 21 Juli 2021 10:26 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan pada 3-20 Juli, di desa-desa pulau Jawa, pendamping desa turut mengawal kebijakan itu.

Mulai dari penganggaran PPKM Darurat di desa-desa, penjagaan di pos-pos gerbang desa, pelaksanaan desinfektan dan pembagian masker, monitoring tempat-tempat isolasi mandiri di desa, vaksinasi di desa dan Puskesmas setempat, tracing saat warga desa terkena Covid-19, penyaluran BLT Dana Desa dan bantuan sembako, hingga doa bersama warga.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, melalui cuitan Twitter mengarahkan desa mendukung PPKM Darurat, menjalankan protokol kesehatan, dan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan Kepala Desa Gencar Sosialisasikan Pakai Masker

Pemerintah desa melakukan penyesuaian APBDes untuk kegiatan ini. Siti Asiyah, misalnya, pendamping lokal Desa Pugeran, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, yang mendampingi musyawarah desa agar dana desa yang dikeluarkan untuk kegiatan ini dapat dipertanggungjawabkan.

Dana desa digunakan untuk sosialisasi, pemasangan informasi pandemik Covid-19, hingga kegiatan pencegahan dan kuratif lainnya.

Data Kemendes PDTT (19 Juli 2021) menunjukkan telah cair dana desa Rp 30,31 triliun kepada 70.315 desa (94 persen desa). Adapun anggaran dana desa untuk kegiatan PPKM mencapai Rp 4,01 triliun.

Baca juga : Gus Halim: Ibadah Kurban Siratkan Pesan Solidaritas dan Empati

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar juga menyurati kepala desa dan pendamping agar memanjatkan doa bagi keselamatan pemimpin bangsa dan warga desa dari pandemi Covid-19.

Selain menjalankan di rumah masing-masing, ada pula doa bersama yang dilaksanakan secara virtual maupun di tempat ibadah, dengan protokol kesehatan ketat.

Daily Report Pendamping Desa merekam seluruh kegiatan PPKM Mikro Darurat di desa, sebagaimana dilaporkan pendamping setiap hari.

Baca juga : BLT Dan PKTD, Solusi Turunkan Kemiskinan Di Desa

Ervina Putri Utami, pendamping lokal Desa Cipangeran, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, senantiasa meninjau kesiapan ruang isolasi desa.

Hal itu diikuti dengan pemantauan pos jaga gerbang desa, penyemprotan disinfektan terutama di pasar, tempat berkumpul warga, dan rumah ibadah.

Kemudian, dilakukan pula sosialisasi dari rumah ke rumah, diikuti dengan pembagian masker kepada warga desa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.