Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sekjen Kemendes Ungkap Strategi BUMDes Pulihkan Ekonomi Nasional

Rabu, 22 September 2021 16:41 WIB
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Taufik Madjid menjelaskan strategi BUMDes dalam upaya memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Menurut Taufik Madjid, BUMDes merupakan instrumen penting dalam menggerakkan roda ekonomi desa. Saat ini sudah ada lebih dari 42 ribu BUMDes di Tanah Air. BUMDes harus segera didigitalisasi untuk menjadi bagian dari proses percepatan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Gus Halim: BUMDes Mampu Bangkitkan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi

"Percepatan pemulihan ekonomi dilakukan apabila BUM Desa ini masuk pada landscape dan ekosistem digital," ujar Taufik saat menjadi narasumber dalam Webinar yang bertajuk 'Mengorbitkan UMKM dan Desa Go Digital' Rabu (22/9).

Taufik menjelaskan, era digitalisasi merupakan tantangan yang dihadapi BUMDes, sebagai penggerak ekonomi skala desa.

Baca juga : Di Depan DPD, Risma Jabarkan 2 Strategi Penanganan Kemiskinan

Digitalisasi harus mewarnai setiap tahapan perekonomian di desa. Mulai dari penyiapan input, produksi, hingga pemasaran.

Untuk menjawab tantangan tersebut, BUMDes harus memanfaatkan platform digital dan sosial media untuk memasarkan hasil produknya. BUMDes juga harus bekerja sama dengan e-commerce untuk memperluas akses pasar dan mendapatkan fasilitas pelatihan.

Baca juga : Airlangga Raih Priyadarshni Academy Global Award

"SDM harus paham penggunaan teknologi dan mampu menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif, proses produksi yang melibatkan teknologi atau mesin untuk mempermudah dan meningkatkan skala produksi," tandasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.