Dark/Light Mode

Bumikan Pancasila, BPIP Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal

Kamis, 16 September 2021 23:42 WIB
Diskusi dan Dialog Pembumian Pancasila dilakukan di Pondok Pesantren Abdurahman Wahid Soko Tunggal, Jakarta (15/09).
Diskusi dan Dialog Pembumian Pancasila dilakukan di Pondok Pesantren Abdurahman Wahid Soko Tunggal, Jakarta (15/09).

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny mengajak masyarakat mencontoh tokoh bangsa, seperti Gus Dur yang senantiasa membumikan Pancasila 

Selain itu, pentingnya menjaga keragaman, khususnya diera kemajuan teknologi dan memperkuat nilai cinta tanah air dan budaya.

Berita Terkait : BPIP Minta Pemda Sukseskan Program Paskibraka

"Penting menjaga keragaman dan kemajemukan ketika generasi gedget menggunakan teknologi komunikasi untuk memperkuat nilai cinta tanah air dengan menciptakan teknologi tepat guna  untuk mengembangkan basis industri  rumah tangga," tegas Benny saat Diskusi dan Dialog Pembumian Pancasila dilakukan di Pondok Pesantren Abdurahman Wahid Soko Tunggal, Jakarta Rabu (15/09).

Benny menambahkan,  bahwa kemajuan teknologi di era sekarang harus dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia.

Berita Terkait : Pendidikan Kebangsaan Dorong Pelajar Mencintai Negeri

"Industri ini berbasi dengan meng aplikasi teknologi di gital lewat aplikasi yg mendunia maka penting berpikir global bertindak lokal," lanjut Benny.

Turut hadir dalam dialog ini Gus Nuril yang menekankan bahwa musuh bangsa ini adalah lupa khususnya dalam hal budaya.

Berita Terkait : DPR: Profil Guru Pancasila Harus Dilestarikan

"Penyakit bangsa ini adalah lupa. Kita lupakan budaya kita nan i dah sehingga tidak menyadari sprit budaya asing sudah masuk ke dalam tubuh kita," ujarnya. [MFA]