Dark/Light Mode

Gubernur Sulsel Dukung Kemnaker Gelar Pelatihan Instruktur Otomotif

Senin, 30 September 2019 23:51 WIB
Pembukaan program pelatihan instruktur otomotif. (Foto: ist)
Pembukaan program pelatihan instruktur otomotif. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mendukung, langkah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk instruktur otomotif. Program pelatihan berdurasi tiga tahun ini akan berdampak positif pada upaya kemajuan SDM khususnya di bidang otomotif.

Menurut dia, Pemprov Sulsel akan menyiapkan anggaran untuk menambah 8 instruktur lagi guna mengikuti training di Jepang. Sehingga, total menjadi 16 instruktur. “Saya harap selesai angkatan ini, kita bisa tambah lagi supaya betul-betul menghasilkan tenaga skilled. Saya jamin begitu selesai pelatihan, bukan kita melamar pekerjaan, tapi kita dilamar. Kenapa? Karena standar kita di atas rata-rata nasional,” kata Nurdin.

Baca juga : Gandeng Jepang, Kemnaker Latih Instruktur Kejuruan Otomotif

Senior Vice President ETMC Jepang, Hidekazu Futagami, mengatakan, selama dua tahun ini, instruktur yang mengikuti pelatihan tidak hanya belajar teknologi baru. Peserta juga mendapatkan pelajaran memecahkan berbagain persoalan. Diantaranya, pengembangan disiplin dan mengembangkan martabat/harga diri yang baik.

“Saya harap peserta menjaga disiplin dan tanggung jawab. Program ini, selain di support pemerintah tapi juga gunakan dana dan kerja sama dari masyarakat Jepang,” katanya.

Baca juga : TelkomGroup Dukung Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru

Sementara itu, Kepala BLK Bantaeng, Muhidin menambahkan, dalam kerja sama ini, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bandung turut memberikan bantuan peminjaman peralatan pelatihan kejuruan dan hibah bantuan peralatan dari ETMC.

“Seluruh peralatan tersebut akan digunakan untuk menunjang kegiatan pelatihan para instruktur sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal,” kata Muhidin. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.