Dark/Light Mode

Gubernur Anies Ingatkan Keadilan Sosial Pada Pengusaha Air Minum

Kamis, 19 September 2019 10:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). (Foto: Istimewa).
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri forum industri air bersih yang bertema Indonesia Water and Wasterwater Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Rabu (18/9) malam.

Kegiatan ini dihadiri para pengusaha air minum yang mengatasnamakan Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Di hadapan puluhan pengusaha air minum itu, Anies meminta agar mereka menjalankan perusahaan air minum tidak hanya soal keuntungan, namun juga harus menghadirkan keadilan sosial kepada masyarakat.

Baca juga : Kemnaker Akui Tingkat Kesadaran K3 di Perusahaan Masih Rendah

Sengaja ia ingatkan soal keadilan sosial karena para pengusaha air minum mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan air untuk warga "Tujuan kita bernegara itu menghadirkan keadilan sosial."

Air itu adalah kebutuhan dasar setiap manusia," kata Anies seusai acara. Menurut Anies, para pengusaha air minum juga harus berperan dalam memenuhi kebutuhan utama setiap manusia, yakni air.

"Saya mengajak semua yang ada di sini yang mengelola air untuk mengingat tujuan paling utama itu sekaligus merefleksikan posisinya," ucapnya.

Baca juga : Pemerintah Siapkan Perlindungan Skill dan Jaminan Sosial Bagi Pekerja

Anies menuturkan, para pengusaha air minum itu memiliki hutang kepada negara yang telah memberikan pendidikan hingga bisa menjadi petinggi di perusahaan air minum.

Dengan begitu, Anies berharap, para petinggi perusahaan itu melunasinya dengan menghadirkan berbagai solusi untuk menyediakan air bagi masyarakat.

"Cari terobosan. Nah kalau itu dilakukan saya bilang, maka kita semua itu bisa pasang pin disini tulisannya 'lunas'," tutupnya.

Baca juga : Jokowi Ingatkan Lagi Pengusaha Terkait Resesi Ekonomi Global

Sementara itu, Ketua Umum Perpamsi, Haris Yasin Limpo menjelaskan, pameran ini diikuti oleh industri-industri teknologi air, dari dalam dan luar negeri, seperti teknologi pompa, pipa, membrane, water chemical, valve dan aksesori, water infrastructure, teknologi deteksi kebocoran pipa (water lost), water filter, dan lain sebagainya.

"Tidak hanya pameran, ada juga forum diskusi yang dihadiri PDAM seluruh Indonesia, membahas isu-isu permasalahan air bersih diberbagai daerah dan mencari langkah-langkah solusinya," tandasnya.[MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.