Dewan Pers

Dark/Light Mode

Temui Menteri Ketenagakerjaan Singapura

Sekjen Kemnaker Ingin Anak Muda Mahir Teknologi

Rabu, 23 Juni 2021 08:53 WIB
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi bertemu bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura HE Dr Tan See Leng di Catania, Italia, Selasa (22/6). (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi bertemu bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura HE Dr Tan See Leng di Catania, Italia, Selasa (22/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker) Anwar Sanusi menilai perlu meningkatkan kerja sama ketenagakerjaan dengan Singapura. Khususnya transfer kemahiran teknologi bagi anak-anak muda di Tanah Air.

Keinginan ini diungkapkan Anwar saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ketenagakerjaan Singapura HE Dr Tan See Leng di Catania, Italia, Selasa (22/6).

Berita Terkait : Sekjen Kemnaker Minta Atase Ketenagakerjaan Mainkan 4 Jurus Ini

Anwar menyebutkan, peningkatan kerja sama itu meliputi permintaan bantuan tenaga ahli (expert) dari Singapura untuk pengembangan Innovation Center dan Talent Hub Kemnaker. Tujuannya, untuk transfer knowledge dan inovasi, terkait digitalisasi teknologi bagi kaum muda (tech-talent) dan pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

"Dengan adanya beberapa poin usulan perluasan kerja sama ini, diharapkan ke depannya memberikan pengaruh positif bagi kemajuan ekosistem teknologi digitalisasi di Indonesia," harap Anwar dalam keterangan resmi yang diterima RM.id, Rabu (23/6).

Berita Terkait : Mentan Syahrul Ajak Petani Muda Terapkan Teknologi Smartfarming

Selain itu, pertemuannya dengan Tan See Leng juga membicarakan progres kerja sama antara Indonesia dan Singapura terkait pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi (Tech Talent). Mengingat Kemnaker bersama Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dan kementerian atau lembaga terkait telah melalukan pembahasan dalam penyusunan konsep kolaborasi pembangunan Tech Talent.

Adapun ruang lingkup kerja sama yang diharapkan antara lain penempatan expert dari Singapura, pengembangan virtual reality, ToT bagi instruktur BLK, tech training untuk mendukung implementasi "Making Indonesia 4.0", dan peningkatan kapasitas teknologi pada critical occupation list (COL).

Berita Terkait : Menteri Bintang Turun Tangan Dampingi Kasus Penganiayaan Anak Di Lebak

"Kemnaker telah menyampaikan konsep proposal tersebut kepada pihak Singapura melalui Kemenko Perekonomian guna mendapatkan feed-back dari Singapura. Saat ini, pihak Singapura sedang mencermati potensi kerja sama yang dapat dijalin dan melakukan identifikasi terkait instansi yang relevan di Singapura," tutur Anwar.

ASEAN Labour Ministerial Meeting
 Selanjutnya