Dark/Light Mode

Program Bantuan TKM Kemnaker Sasar 100 Ribu Pelaku UMKM

Jumat, 6 Agustus 2021 15:45 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (kiri)
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (kiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan terus berupaya menggencarkan program bantuan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang menyasar pelaku usaha dan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Hal ini ditandai lewat penyerahan bantuan dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah kepada pelaku usaha dan PKL di Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (5/8). Bantuan ini sebagai salah satu upaya Kemnaker memitigasi dampak pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terhadap pelaku usaha.

"Upaya ini untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat yang terdampak pandemi dan kebijakan PPKM Level 4, yang berakibat pada pelemahan perekonomian," kata dia.

Baca juga : PSI Libas Partai Lawas

Ida mengakui, nilai besaran program TKM ini tak seberapa. Meski begitu, ia berharap program TKM dapat membantu pelaku usaha mikro dan ultra mikro untuk tetap bertahan.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bisa meringankan beban, sekaligus menjadi modal usaha kembali, serta meringankan beban teman-teman pelaku usaha mikro," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Kepada pelaku usaha dan masyarakat, Ida juga mengingatkan untuk tetap tertib menerapkan protokol kesehatan (prokes). Karena salah satu pilar utama pengendalian angka kasus adalah seberapa tertib masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga : Pindad Dan PT DI Sebar Ribuan Paket Sembako

"Nanti yang wilayah PPKM Level 4 misalnya, bisa turun menjadi level 3, dan terus turun sampai benar-benar hilang. Itu dimulai dari seberapa tertib kita menerapkan protokol kesehatan," ungkap dia.

Dalam kesempatan ini, Ida menyerahkan bantuan program TKM kepada lima kelompok usaha dan PKL di Mojokerto. Yaitu Kelompok Usaha Tanjangrono, Kelompok Usaha Kedungmaling, Kelompok Usaha Karangmojo, Kelompok Usaha PPKL Gajah Mada Indonesia, dan Kelompok Usaha PPKL Pedagang Bangsal.

"Secara total program TKM ini akan diberikan kepada 100 ribu pelaku usaha mikro dan ultra mikro," jelasnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.