Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kontemplasi Lebaran (22)

Belajar Dari Burung Hud-hud (1)

Senin, 9 Mei 2022 06:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Di dalam Al-Qur’an dikemukakan salahsatu kelompok makhluk yang masuk kategori impersonal teachers ialah Burung Hud-hud. Burung ini diungkapkan beberapa kali di dalam Al-Qur’an, termasuk burung-burung yang dimiliki Nabi Sulaiman. Di dalamnya dikatakan: “Wa ‘ullimna manthiq al-thair…” (Kami telah diberi pengertian tentang suara burung…”/Q.S. Al- Naml/27:20-24). Pernyataan Nabi Sulaiman yang diabadikan dalam Al-Qur’an ini lebih dari cukup untuk mengatakan bahwa burung-burung salahsatu makhluk yang memiliki kecerdasan dan sekaligus menjadi salahsatu kekuatan untuk menegakkan kebenaran yang diemban olehnya.

Baca juga : Belajar Dari Burung Hud-hud (2)

Khusus burung hud-hud, Allah SWT menceritakan panjang lebar di dalam Al-Qur’an seperti ayat-ayat berikut: “Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: “Mengapa aku tidak melihat hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang”.

Baca juga : Belajar Dari Burung Hud-hud (1)

Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: “Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini, Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan setan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk”. (Q.S. Al-Nam/27:20-24). (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.