Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Renungan Ramadan (11)

Berguru Dari Keajaiban Burung Nabi Ibrahim (2)

Selasa, 26 April 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Lesson learning yang bisa kita peroleh dari kisah dan perumpamaan di dalam Al-Qur’an ini ialah, apa akibat yang diperoleh dan yang harus ditanggung oleh orang-orang yang beriman dan yang ingkar.

Sang pembangkang seperti Fir’aun, Tsamud, dan ‘Ad harus menanggung segala risiko yang menyedihkan di akhir hayatnya sampai kelak di hari kemudian. Sedangkan para Nabi dan orang-orang yang mempercayainya dikenang dan sejarahnya dicatat dengan tinta emas dan bahagia sepanjang masa sampai di akhirat kelak.

Baca juga : Berguru Dari Keajaiban Burung Nabi Ibrahim (1)

Pelajaran lainnya, jangan memandang enteng siapapun, apapun, di manapun, karena semuanya adalah makhluk yang Allah ciptakan dengan penuh perencanaan. Populasi burung yang sudah mati dan punah ternyata bisa muncul kembali dengan utuh seperti sedia kala. Ini isyarat pentingnya memelihara populasi dan keseimbangan ekosistem untuk mendukung kelancaran hidup dan tugas manusia sebagai hamba dan khalifah di bumi.

Hadirnya salah satu nama surah yang disebut surah al-An’am (Binatang) di samping penyebutan secara langsung sejumlah binatang sebagai nama surah, seperti surah Al-Baqarah (Sapi Betina), Al-Naml (Semut), Al-‘Ankabut (Laba-laba), Al-Fil (Gajah), dan Al-Nahl (Lebah) mengingatkan kita untuk memelihara hubungan harmonis kita dengan binatang dan burung-burung.

Baca juga : Memahami Bahasa Proaktif (2)

Apalagi di dalam Al-Qur’an ditegaskan bahwa burung-burung pun sangat tekun bertasbih kepada-Nya: “Tidakkah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) shalat dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.” (QS Al-Nur/24:41). (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.