Dark/Light Mode

Renungan Ramadan (11)

Berguru Dari Keajaiban Burung Nabi Ibrahim (1)

Senin, 25 April 2022 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Ternyata, bu­rung-burung telah banyak berjasa mem­berikan pelajaran ke­pada manusia. Tuhan sering menyadarkan dan memantapkan keyakinan manusia dengan melibatkan binatang dan bu­rung.

Selain burung-burung yang pernah diuraikan terdahulu, masih ada jenis burung yang Allah tampilkan bersama Nabi Ibrahim. Peristiwanya dijelaskan di dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

Baca juga : Memahami Bahasa Proaktif (2)

“Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: “Ya Tuhanku, perlihatkanlah padaku bagaimana Engkau menghidup­kan orang mati”. Allah berfirman: “Belum yakinkah kamu?”. Ibrahim menjawab: “Aku telah meyakininya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku)”.

Allah berfirman: “(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cingcanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): “Lalu letakkan di atas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepa­damu dengan segera”. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. Al-Baqarah/2:260).

Baca juga : Memahami Bahasa Proaktif (1)

Cerita empat ekor burung tersebut mengingatkan kepada kita bahwa be­tapa mudahnya bagi Tuhan membuat sesuatu yang luar biasa dari contoh yang sederhana. Dari peristiwa itu ada yang membuat hamba-Nya lebih percaya, dan ada pula yang sebaliknya tetap kufur bahkan bertambah ingkar kepada-Nya.

Kelompok Nabi Ibrahim bertam­bah yakin setelah Allah SWT mem­pertunjukkan kekuasaannya dengan menghimpun dan menghidupkan kem­bali burung-burung yang sudah ber­serakan kemana-mana. Sebaliknya, Raja Tsamud bertambah ingkar setelah ia menyaksikan kekuasaan Allah yang dipertunjukkan di hadapannya (Q.S. al- A’raf/7:73), sebagaimana ditulis di da­lam artikel terdahulu. Bahkan menuduh Nabi Ibrahim sebagai tukang sihir, seba­gaimana juga sering dituduhkan orang kafir kepada nabi-nabi lain. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.