Dark/Light Mode

Trend Islam di AS (79)

Pengaruh Fazlur Rahman

Sabtu, 13 Juli 2019 07:43 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Fazlur Rahman seorang pemikir berkaliber dunia, banyak belajar dan mengajar di AS. Ia lahir di Pakistan pada tahun 1919 dari orang tua yang bermazhab Hanafi, mazhab paling rasional dalam Ilmu Fikih.

Ia rupanya sangat terpengaruh dengan dua tokoh pemikir Pakistan terkemuka sebelumnya yaitu Syakh Waliyyullah dan Muhammad Iqbal. Kedua tokoh ini menjadi idola Fazlur Rahman.

Ia melakukan pendalaman kedua pembaharu ini sehingga India dan Pakistan berpisah menjadi dua negara. Fazlur Rahman memilih untuk menjadi warga negara Pakistan.

Baca juga : Pengaruh Ismail Al-Faruqi

Fazlur Rahman dilahirkan dalam suatu keluarga Muslim yang sangat religius. Ia dibesarkan dalam suatu keluaraga dengan tradisi keagamaan mazhab Hanafi yang cukup kuat.

Oleh karenanya, sebagaimana diakuinya sendiri bahwa ia telah terbiasa menjalankan ritual-ritual agama, seperti shalat dan puasa se-cara teratur sejak masa kecilnya dan tidak pernah meninggalkannya.

Fazlur Rahman lebih dikenal sebagai salah seorang pemikir neomodernis yang paling serius dan produktif dewasa ini. Latar belakang pendidikannya yang bukan saja bervariasi tetapi masih tetap konsisten di atas pandangannya sebagai seorang pemikir dunia Islam.

Baca juga : Pengaruh Muslim Scholars AS Di Luar Negeri

Orang-orang Pakistan dengan bangga mempunyai beberapa pemikir bertaraf dunia. Sebelum Fazlur Rahman masih ada sejumlah nama lain yang perlu diperkenalkan ke publik.

Mereka itu antara lain Syah Waliyyullah, Muhammad Iqbal, Sir Sayyid Ahmad Khan, dan lain-lain. Kemampuan bahasa yang dimiliki Fazlur Rahman membuatnya ia tersohor dalam bidang pemikiran Islam.

Ia menguasai bahasa Inggris karena PhD-nya di Oxford University, Inggris. Ia juga menguasai bahasa Perancis, Latin, Yunani, dan bahasa Arab. Meskipun tidak lama ia tinggal di AS tetapi karya-karyanya yang beredar luas di AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.