Dark/Light Mode

Membaca Trend Globalisasi (12)

Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Memperkenalkan Hydropower

Minggu, 16 Desember 2018 09:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Globalisasi nilai-nilai prestasi ilmuan muslim semakin mengesankan. Salah satu di antara temuan paling berharga mereka ialah merintis penciptaan daya melalui tenaga kincir air yang sekarang lebih dikenal hydropower.

Tokoh terkemuka yang merintis temuan ini ialah Al-Jazari, yang bernama lengkap Badi Al- Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Ia lahir di Al-Jazari, antara sungai Tigris dan sungai Efrat, Iraq. Ia mengikuti ayahnya mengabdi kepada raja Urtuq atau Artuqid di Diyar Bakir dari 1174 sampai 1200. Ia digelari The Father of Modern Engineering atau The Father of Robotic, karena dasar-dasar tehnik robotika sudah dirancangnya. Temuan-temuannya banyak menginspirasi para ilmuan modern. Donald Routledge dalam Studies in Medieval Islamic Technology, menyebutkan hingga zaman modern ini, tidak satupun dari suatu kebudayaan dapat menandingi lengkapnya ilmu rancang-bangun dan mesin-mesin hydropower ini. 

Baca juga : Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Memperkenalkan Dunia Astrolabe

Menurut pengakuan Donald Routledge, dalam tahun 1206, Al-Jazari sudah mampu membuat jam gajah yang bekerja dengan tenaga air dan berat benda untuk menggerakkan secara otomatis sistem mekanis, yang dalam interval tertentu akan memberikan suara simbal dan burung berkicau. Prinsip humanoid automation inilah yang mengilhami pengembangan robot masa sekarang. Kini replika jam gajah tersebut disusun kembali oleh London Science Museum, sebagai bentuk penghargaan atas karya besar Al-Jazari. Karya monumental lain Al-Jazari ialah mesim pembakar (combustion engine), mesin krukas (crankshaft), mesin penyedot (suction pump), mesin pemrograman (programmable), mesin otomatisasi (automation), dan termasuk mikro teknologi. Ia berjasa merancang lima mesin yang intinya untuk memanfaatkan tenaga air untuk menggantikan tenaga binatang. 

Di antara mesin yang dibuat Al-Jaziri diletakkan di Sungai Yazid di Damaskus yang mampu memasok kebutuhan air di rumah sakit yang berada di dekat sungai tersebut. Mesin lainnya menggunakan balok dan tenaga binatang. Balok digerakkan secara naik turun oleh sebuah mekanisme yang melibatkan gigi gerigi dan sebuah engkol. Inilah mesin pertama kali menggunakan engkol sebagai bagian dari sebuah engine.

Baca juga : Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Pembedaan Astrologi dan Astronomi

Di Eropa hal ini baru terjadi pada abad ke-15. Satu lagi mesin dibuatnya untuk berupa mesin pompa yang digerakkan oleh air. Gerakan roda air yang ada di dalam mesin itu menggerakkan piston yang saling berhubungan. Silinder piston ini dihubungkan dengan pipa penyedot, yang selanjutnya menyedot air dari sumber air dan membagikannya ke sistem distribusi air yang menyebar ke tempat-tempat hunian masyarakat. Ia mewariskan jasa yang luar biasa bagi masyarakat Bagdad ketika itu dengan teknologi kincir airnya.

Rintisannya ini menginspirasi teknologi hydrolic di kemudian hari di berbagai Negara. Darimana Al-Jazari belajar, masih misteri. Yang pasti keuletan self sudi dan self research-nya yang peril diapreasiasi. Sayang sekali dunia Islam tidak lagi bisa mencetak ilmuan sekreatif Al-Jazari dan ilmuan tersohor lainnya di abad pertengahan. Yang pasti, ilmuan muslim di abad pertengahan mendapatkan dukungan politik penuh dari penguasa abad pertengahan. 

Baca juga : Karakter Khusus Nilai Universal Islam: Penggunaan Angka Perhitungan

Di antara kelebihan lain Al-Jazari ialah kemampuannya untuk menuliskan ide dan karya-karyanya sehingga menjadi manuskrip yang amat berharga bagi dunia keilmuan. Di antara karyanya ialah: “Al-Jami’ Bain al-‘Ilm wa al-‘Aml al-Nafi’ fi Shinat‘at al-Hiyal” (The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.