Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (18)

Di Balik Mesjid Aqsha

Kamis, 23 Februari 2023 06:25 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain Mesjid Haram dan Mesjid Nabawi, masih ada lagi mesjid yang mulia dan namanya diabadikan di dalam Al Qur’an, yaitu Masjid Aqsha yang ada di Palestina.

Masjid ini banyak dibicarakan pada saat-saat kita memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Mesjid ini terletak di kota lama Jerusalem (Old City of Jerusalem), sekarang lebih popular dengan West Bank.

Baca juga : Rahasia Di Balik Laut Mati

Pada zaman Nabi Muhammad SAW, kawasan ini mempunyai beberapa nama, antara lain Eiliya’, Sham, Ardh al Muqaddasah, Ardh al Mubarakah, dan al Quds.

Dahulu di zaman kejayaan Islam, kawasan Yerusalem dikuasai sekitar 80 persen umat Islam, tetapi sekarang terbalik, dikuasai sekitar 80 persen oleh pemerintah Israel. Bahkan sekarang, perbatasan Jordania yang dahulu sepenuhnya merupakan hunian dan otoritas penuh umat Islam, seperti Yuricotetapi, sekarang sudah berada di bawah kekuasaan pemerintahan Israel.

Baca juga : Kedamaian Di Langit Bulgaria

Seluruh daerah perbatasan wilayah Palestina dengan negaranegara lain dikuasai Israel. Termasuk akses laut dan udara. Di perbatasan darat, border dekat Jordania paling ramai dilewati orang, luar biasa repotnya.

Di wilayah Jordania, kita sudah harus ganti mobil khusus untuk me masuki border yang kanan kiri penuh dengan penghalang jalan, seperti suasana batin sedang perang. Begitu masuk di pemeriksaan yang dijaga ketat oleh tentara Israel, isi handphone juga diperiksa. Ada exray, anjing pelacak yang tinggi besar, dan ada polisi perempuan yang ketus. Seluruh isi koper harus dibuka, meskipun sudah melewati pemeriksaan mesin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.