Dark/Light Mode

Renungan Spiritual Bulan Rajab (12)

Mengenal Sikap Muraqabah

Selasa, 14 Februari 2023 06:12 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Secara literal murâqabah berarti murâshadah, yaitu mengintai, memperhatikan, hampir sama maknanya dengan pengawasan dan penantian. Menurut istilah ulama tasawuf, murâqabah ialah seorang hamba senantiasa menyadari segala gerak-geriknya berada dalam pengawasan Allah SWT.

Murâqabah juga sering diartikan memelihara rahasia (hati) untuk selalu merasa diawasi oleh Tuhan dalam setiap gerakgerik, sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu". (QS. An-Nisa'/4:1).

Baca juga : Memperebutkan Kebajikan

Murâqabah merupakan sumber segala kebaikan. Seseorang tidak akan sampai pada derajat murâqabah kecuali setelah mengadakan muhâsabah (evaluasi) terhadap dirinya mengenai apa yang telah dilakukan pada masa lalu dan bagaimana memperbaiki ke depannya.

Sikap muraqabah ialah sebuah sikap hidup yang menganggap Allah SWT selalu memantau gerak-gerik, termasuk jalan pikiran dan suara-suara hati kita. Karena itu kita selalu mempertahankan keindahan suara hati, meluruskan jalan pikiran, dan kehalusan budi pekerti, demi untuk memperoleh ridha Allah SWT.

Baca juga : Memahami Kearifan Lokal

Pada saat bersamaan kita yakin Allah SWT pun mengawasi dan memelihara kita dalam berbagai hal dan berbagai kesempatan. Ibn `Atha' mengatakan ketaatan yang paling utama adalah murâqabah kepada yang Haqq (Tuhan) sepanjang masa. Abu Hafsh (al-Haddad) pernah mewasiatkan kepada murid dan sahabatnya kalau engkau duduk bersama orang lain, jadilah penasehat terhadap diri dan hatimu, serta janganlah kamu sampai tertipu oleh perkumpulan mereka, sebab mereka hanya bisa mengawasi lahiriahmu, sedang Allah mengawasi hati dan pikiran kita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.