Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (10)

Memupuk Cinta Sejati Antara Sesama Makhluk

Selasa, 14 Mei 2024 05:50 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Cinta sejati sering diistilahkan dalam bahasa Inggris dengan beberapa istilah seperti self-love, saint love, dan unconditional love. Self-love ketika seseorang mencintai orang lain seperti mencintai dirinya sendiri, mirip dengan istilah tatwanasih dalam agama Budha.

Disebut self-love karena cintanya betul-betul tanpa pamrih. Bagaimana seorang ibu mencintai dan menyayangi bayinya maka dia juga harus menyayangi dirinya, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya agar anaknya bisa memperoleh air susu segar dari dirinya.

Baca juga : Menebar Energi Positif

Seseorang dapat menjadi pencinta sejati jika dia dapat memberi cinta yang tulus kepada orang lain seperti mencintai dirinya sendiri, atau mencintai orang lain karena dia mencintai dirinya. Bahkan self-love melintasi batas kemanusiaan karena ternyata limpahan cintanya juga merembes ke seluruh makhluk lain.

Erich Fromm ketika membahas kualitas self-love mengungkap sebuah pernyataan: “Cinta kepada diri saya tidak dapat dipisahkan dari cinta kepada semua makhluk hidup”.

Baca juga : Membiasakan Istiqamah

Sedangkan selfishness ketika seseorang hanya tertarik kepada dirinya sendiri, tidak peduli kepada orang lain, dan mengingkari segala sesuatu untuk dirinya sendiri. Dia tidak merasa senang kalau memberi dan hanya senang dalam mengambil. Sekalipun secara materil sudah hidup berkecukupan atau sudah di atas standard rata-rata kehidupan di sekitarnya tetapi masih merasa belum cukup, karena itu dia selalu berharap dan meminta kepada orang lain.

Orang ini sesungguhnya bukan hanya tidak dapat mencintai orang lain melainkan juga tidak bisa mencintai dirinya sendiri. Dia sebenarnya membenci dirinya sendiri yang terus menerus meminta tanpa pernah dipuaskan, tetapi sulit menjelaskan mengapa itu terjadi pada dirinya sendiri.

Baca juga : Lebih Banyak Diam

Karena itu, Erich Fromm menyebut orang ini menderita semacam gangguan psikologis dalam bentuk ketidak sanggupan untuk mencintai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.