Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (4)

Hidup Ini Adalah Seni

Senin, 6 Mei 2024 06:04 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhirnya kita bisa me­nyadari bahwa memang hidup ini adalah seni. Ada tantangan, perjuangan, dan problem tetapi ada keindahan, kenikmatan, dan kebahagiaan. Yang pasti hidup ini harus dijalani. Hidup ini juga harus disiasati. Hidup ini juga adalah pelajaran. Bahkan pepa­tah mengatakan ‘Pengalaman adalah guru paling baik’. Ke­napa harus menderita kalau bisa bahagia? Kenapa harus dipesulit jika bisa dipermudah? Kenapa harus rumit jika bisa simpel?

Pernyataan-pernyataan ini mengisyaratkan kepada kita bahwa hidup ini memang perlu di-manage dan perlu disiasati. Jawabannya sesungguhnya sudah terasa di dalam bulan suci Ramadhan, yang energi spiritualnya amat kuat.

Baca juga : Mengontrol Social Saving

Ada sejumlah kiat yang di­tawarkan oleh para arifin di dalam menjalani kehidupan ini. Di antaranya ialah memiliki ba­rang-barang yang benar-benar kita butuhkan dan sebaiknya kita sisihkan daftar barang yang kita inginkan.

Dalam kenyataan hidup ini sesungguhnya kebu­tuhan kita sedikit, yang banyak adalah keinginan. Kita harus membedakan secara tegas antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah benar-benar mendesak dan sangat diperlu­kan, sedangkan keinginan lebih merupakan harapan-harapan ideal yang belum terpilah mana kebutuhan primer dan mana kebutuhan sekunder.

Baca juga : Dimulai Dengan Niat Yang luhur

Adakalanya hidup ini perlu dijalani secara praktis-fragmatis tetapi ada juga dimensi di dalam hidup ini memerlukan visi, misi, dan filosofi. Di dalam Islam niat menjadi amat penting di dalam menjalani kehidupan ini.

Manusia memiliki dua kapasi­tas, yaitu sebagai hamba dan khalifah. Hidup sebagai hamba membutuhkan pengabdian dan hidup sebagai khalifah membu­tuhkan tanggung jawab.

Baca juga : Meneguhkan Visi Kehidupan

Sekali lagi, niat menjadi amat penting karena niat bukan sekedar teru­capnya maksud dan tujuan di ujung lidah tetapi secara inplisit juga mengisyaratkan adanya program atau planning dan controlling.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.