Dark/Light Mode

Merawat Kemabruran Puasa (8)

Membiasakan Istiqamah

Minggu, 12 Mei 2024 05:55 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Istiqamah adalah karakter hidup yang amat mulia. Orang yang tidak memiliki prinsip hidup maka tidak ubahnya perahu tanpa kemudi di tengah samudera. Agama dan budaya se­tiap masyarakat selalu menekan arti penting prinsip hidup itu. Baik atau buruknya seseorang menurut ukuran agama dan budaya amat ditentukan oleh seberapa kuat seseorang itu me­megang teguh dan merawat prinsip hidupnya. Prinsip-prinsip hidup itu sendiri bersifat universal, sehingga seringkali tumpang tindih antara prinsip hidup menurut nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya.

Tidak heran jika pada umumnya orang yang baik dan mengesankan secara agama juga baik dan mengesankan secara budaya; demikian pula sebaliknya.

Baca juga : Lebih Banyak Diam

Di dalam Islam, prinsip hidup itu dikenal juga dengan istilah lima prinsip utama (al-dharuriyyat al-khamsah) yang selalu harus dipelihara dan di­pertahankan, yaitu: Jiwa (al-nafs), agama (al-din), akal pikiran (al-‘aql), keturunan (al-nasb), dan harta atau property (al-mal). Kelima hal ini biasa juga disebut perinsip-perinsip hak asasi manusia di dalam Islam.

Siapapun tidak boleh mengganggu apalagi merampas lima hak asasi manusia tersebut. Jika seseorang terpaksa membunuh karena alasan mempertahankan salahsatu dari lima hak-hak tersebut maka hakim boleh membebaskan yang bersang­kutan, sepanjang tidak ada hal lain yang menjadi back-ground di dalam peristiwa tersebut.

Baca juga : Menjauhi Ujaran Kebencian (Hate Speech)

Jiwa manusia paling berharga pada diri setiap orang. Orang bekerja secara rutin demi untuk mempertahankan hidup diri dan keluargan yang hidup di dalam tanggungannya. Melayangkan jiwa seseorang di dalam Islam sama dengan melayangkan jiwa semua orang, sebagaimana ditegaskan di dalam ayat: Barangsiapa yang mem­bunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. (Q.S. Al-Maidah/5:32).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.