Dark/Light Mode

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (18)

Pemimpin Sebagai Pelindung Rakyat (2)

Kamis, 15 Oktober 2020 07:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Maka ditahanlah Usman oleh Quraiys karena pernyataannya itu. Tidak lama kemudian, berita penahanan sampai kepada Nabi bahwa usman telah dibunuh oleh kaum Quraiys sehingga beliau pun mengatakan: kita tidak boleh tinggal diam sampai kita memerangi mereka. Beliau mengajak para sahabatnya untuk dibaiat yang kemudian dikenal dengan baiuturridwan.

Para sahabat berjanji untuk tidak lari dari peperangan. Kendati semuanya sudah siap, namun ternyata ada berita baru yang didengar oleh Nabi bahwa sesungguhnya Usman tidaklah terbunuh.

Baca juga : Pemimpin Sebagai Pelindung Rakyat (1)

Dalam Islam, pemerintah juga dapat memberikan perlindungan kepada warganya dengan cara memberlakukan warga negara lain seperti halnya mereka memberlakukan warganya (Al-Muamalatu bil Mitsli).

Jadi bila penindasan terjadi pada diri seorang warga, maka orang-orang Islam pun juga dapat melakukan hal yang sama pada warga mereka agar mereka menghentikan penindasan tersebut.

Baca juga : Keutamaan Pemimpin Yang Adil (2)

Dalam sejarah disebutkan bahwa Nabi pernah mengutus pasukan yang dikepalai oleh Abdullah bin Jahs untuk memantau kekuatan Quraiys. Dalam tugas itu, sahabat yang bernama Saad bin Abi Wakkas dan Utbah bin Gazwan juga ikut, namun keduanya ditahan oleh Quraiys.

Abdullah bin Jahsy ketika bertemu dengan Quraiys dan terjadi perang, beliau pun berhasil menahan dua orang Quraiys dan dibawa kepada Nabi, sehingga kaum Quraiys mengutus delegasinya kepada Nabi agar kedua lelaki tersebut dilepaskan, tetapi Nabi tidak melepaskannya.

Baca juga : Keutamaan Pemimpin Yang Adil (1)

Nabi mengatakan: kami tidak akan melepaskannya kecuali engkau juga melepaskan kedua sahabat kami -Saad dan Utbah- karena kami menghawatirkan keselamatan kedua-nya. Bila engkau membunuh kedua-nya, kami pun akan membunuh kedua temanmu itu. Akhirnya Saad dan Utbah dilepaskan oleh mereka, dan Nabi pun melepaskan kedua teman mereka.

Dalam Islam, seorang kepala negara tidak hanya berkewajiban memberikan perlindungan kepada segenap warganya yang muslim yang berada di negara lain, tetapi juga meliputi warganya yang non Muslim. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.