Dark/Light Mode

Etika Politik Dalam Al-Qur’an (42)

Pelajaran Diplomasi Publik (8) Diplomasi dan Kesabaran

Kamis, 14 Maret 2019 13:15 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Diplamasi seringkali diidentikkan dengan kesediaan orang untuk bersabar. Tanpa kesabaran sulit menjalankan misi diplomasi. Kesuksesan orang-orang besar karena kemampuan diplomasinya yang tinggi.

Sedangkan ketinggian diplomasi ditandai kesediaan orang itu untuk bersabar dan menahan diri. Orang-orang yang tidak sabaran dan tidak kuat menahan diri sulit dibayangkan akan menjadi diplomat yang sukses. 

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (6) Diplomasi Hudaibiyyah (2)

Tentu saja ada kalanya seorang diplomat harus bertindak tegas tetapi tetap dalam koridor dan bingkai kesabaran di dalam menjalankan konsep diplomasi yang sudah dirumuskannya. 

Bukan saja dalam dunia diplomasi, sabar juga merupakan salahsatu anak tangga yang mesti dilalui oleh orang-orang yang mendambakan kedekatan diri dengan Allah Swt. Sabar dalam Al-Qur’an tidak identik dengan pendiam, atau tidak melawan ketika dianiaya. 

Baca juga : Menyorot Media Islam Lokal Indonesia

Substansi sabar ialah melakukan pengendalian diri di saat kita memiliki kemampuan. Kemampuan untuk mencekal berbagai keinginan nafsu di saat kita memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu.  Misalnya, kita memiliki uang untuk membeli sesuatu tetapi nurani memberikan bisikan bahwa tidak etis membeli sesuatu itu di saat tet-angga di sekitar kita sedang menderita. 

Kita memiliki kemampuan untuk membalas tetapi kita maafkan orang itu. Kita menekan amarah dan mengembalikan segala persoalan kepada Allah SWT.  Sabar selalu banyak ujiannya. Sabar yang sesungguhnya ialah kemampuan untuk mempertahankan kesabaran di tengah ujian-ujian itu. Sabar seperti inilah yang dapat mengundang anak tangga berikutnya yang kita kenal dengan wara’ yakni sikap proteksi diri yang amat tinggi terhadap dosa dan maksiat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.