Dark/Light Mode

Memperkenalkan Moderasi Islam Indonesia Di Luar Negeri (4)

Menyorot Media Islam Lokal Indonesia

Selasa, 12 Maret 2019 06:13 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika kita memperhatikan pemberitaan media-media lokal Indonesia tentang Islam maka kita masih melihat terlalu banyak berkonsentrasi terhadap problem-problem lokal umat Islam Indonesia. Bahkan masih cenderung untuk saling menguras dan menyedot energi satu sama lain.

Mereka masih saling aktif menemukan kelemahan masing-masing baru diungkapkan ke media dan forum-forum publik. Media-media Islam lokal kita belum tertarik untuk membicarakan masalah dan tantangan global yang dihadapi umat Islam.

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (4) Diplomasi Ratu Balqis

Padahal, justru persoalan dan tantangan global ini jauh lebih penting untuk diwacanakan ketimbang menyibukkan diri dengan persoalan-persoalan lokal, seperti masalah khilafiah dan perbedaan aliran mazhab yang sesungguhnya sudah selesai dan tak perlu diungkit lagi.

Tantangan global dan universal umat Islam yang perlu mendapatkan perhatian serius dan dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional berpengaruh ialah masalah bagaimana memecahkan masalah pengungsi dunia Islam yang betul-betul banyak menyedihkan.

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (3) Diplomasi Perempuan Elite

Dari negara ke negara mereka ditolak akhirnya terdampar di lautan bebas dan ganas. Yang berhasil menyentuh daratan mereka pun terpaksa harus hidup di tenda-tenda darurat yang tidak memungkinkan mereka melahirkan generasi penerus yang lebih produktif.

Badan khusus PBB yang menangani para pengungsi kelihatannya juga tidak bisa berbuat banyak terhadap nasib para pengungsi muslim. Bandingkan jika para pengungsi ini terdiri atas non muslim, maka perhatian dunia akan menjadi lain.

Baca juga : Pelajaran Diplomasi Publik (2) Diplomasi Nabi Yusuf

Para pengungsi muslim selalu dihubungkan dengan kecurigaan terhadap teroris dan kelompok garis keras lainnya. Di samping itu, masih terbatasnya akses pendidikan yang mamadai untuk mencetak generasi cerdas dan terampil.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.