Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Etika Politik Nabi Muhammad SAW (32)

Menghindari Konfrontasi (2)

Selasa, 10 November 2020 06:29 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadis-hadis tersebut di atas menegaskan bahwa Islam mengajarkan agar sesama umat Islam saling mengingatkan dan saling menolong serta mencegah konfrontasi satu sama lain. Jika suatu persoalan dapat diselesaikan dengan damai, mengapa harus berkonfrontasi satu sama lain. Orang - orang yang sedang dalam kesusahan atau orang yang dizalimi namun juga termasuk menolong orang-orang yang suka berbuat zalim. Karenanya, ada sahabat menanyakan kepada Nabi tentang bagaimana cara menolong orang-orang yang berbuat zalim, lalu Nabi menjelaskan bahwa caranya adalah dengan mencegah mereka agar tidak lagi berbuat zalim. Dalam pandangan Islam, semua orang Islam bersaudara. Allah sendiri tidak melihat siapa yang paling kuat fisiknya, atau paling menarik penampilannya, tetapi yang dinilai oleh Allah adalah hatinya manusia.

Baca juga : Menghindari Konfrontasi (1)

Karena itu, saling menghina, saling mengejek, saling merendahkan, dan saling menyakiti satu sama lain adalah perbuatan tidak terpuji karena kehormatan jiwa, harta, dan darah setiap muslim dijaga dan dihormati dengan baik. Nabi juga pernah menyampaikan larangan untuk tidak saling bertegur sapa lebih dari tiga hari. Seorang Muslim harus mengedepankan rasa saling menghargai dan menyayangi, bukan saling memusuhi satu sama lain. Bila terjadi permusuhan, maka harus saling memaafkan agar suasana menjadi cair. Islam mengajarkan agar hubungan antara sesama manusia tetap harmonis. Islam sangat mengutuk perbuatan zalim satu sama lain. Kezaliman itu sendiri dikenal ada dua macam, yaitu kezaliman yang dilakukan terhadap diri sendiri dan kezaliman pada diri orang lain. Kedua-duanya harus dihindari karena sama-sama mengorbankan rasa keadilan.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.