Dark/Light Mode

Membangun Peradaban Berbasis Masjid (6)

Fungsi Masjid Nabi (22): Tempat Beribadah Mahdhah (2)

Sabtu, 10 April 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - "Turunlah ka­mu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat ke­diaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan". (Q.S. Al- Baqarah/2:35-36).

Kegelisahan per­tama dan paling mendesak bagi Adam dan Hawa ketika turun di bumi bukan makan atau minum, tetapi kebutu­hannya akan sebuah rumah pertobatan sebagai tempat untuk menyampaikan pertobatan sekaligus tempat penyerahan diri kepada Tuhannya, Allah SWT, lalu Allah SWT memerintahkan malaikat untuk membangunkan rumah pertoba­tan tersebut sebagaimana disebutkan dalam ayat di atas.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (22): Tempat Beribadah Mahdhah (1)

Pada mulanya, masjid itu dibangun sebagai rumah untuk peribadatan, guna mengintensifkan komunikasi antara hamba dan Tuhannya, lalu belakangan berkembang menjadi semacam sek­retariat pemberdayaan umat.

Fungsi utama masjid memang untuk menjadi tempat pelaksanaan ibadah mahdhah, tetapi terbuka peluang juga untuk melakukan berbagai aktifitas ibadah secara umum.

Baca juga : Fungsi Masjid Nabi (21): Multi Fungsi Menara Masjid (2)

Ibadah secara umum apa saja yang dilakukan dengan karena Allah SWT maka itu sudah bernilai iba­dah, walaupun wujud kegiatannya ada­lah pendidikan, bisnis, keterampilan, dan aktifitas sosial ekonomi lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.