Dark/Light Mode

Keajaiban Silaturrahim (4)

Silaturrahim Dengan Flora (2)

Senin, 10 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Sang majikan yang merawat pohon anggrek lebih dimotivasi oleh rasa cinta dan persahabatan, bukan motivasi honor atau kepentingan materi di balik pengabdian tersebut.

Baca juga : Silaturrahim Dengan Flora (1)

Sebaliknya, sang tukang kebun mungkin lebih dimotivasi oleh gaji yang dijanjikan oleh sang majikan dalam merawat pohon anggrek tersebut. Boleh jadi, sang tukang kebun dalam merawat kembang anggrek itu tidak ada hubungan rasa atau silaturrahim mendalam. Apa yang dilakukannya, tak lebih dari sekadar rutinitas formal.

Baca juga : Silaturrahim Dengan Fauna (2)

Di balik persahabatan manusia dengan tumbuh-tumbuhan, tentu saja mempunyai hikmah lebih besar untuk kepentingan manusia. Pepohonan adalah paru-paru dunia yang harus dilestarikan. Pepohonan menegarkan dan menyejukkan udara, bukan lagi rahasia. Lestarinya pohon, sama dengan lestarinya manusia itu sendiri.

Baca juga : Silaturrahim Dengan Fauna (1)

Pembabatan hutan yang melampaui batas jelas akan merugikan semua pihak, terutama umat manusia yang akan didera banjir, tanah longsor, dan berbagai musibah lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.