Dark/Light Mode

Keajaiban Silaturrahim (6)

Etika Silaturrahim Lintas Agama (2)

Rabu, 19 Mei 2021 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Al-Qur’an mengatakan: ”Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikan­lah saudaramu” (Q.S. Al-Hujurat/49:10). Tuhan tidak menga­takan ”sesungguhnya orang-orang Islam itu bersaudara” (innamal muslimin ikhwah). Ini artinya pengakuan terhadap orang-orang yang beriman. Soal keimanannya itu benar atau salah adalah persoalan lain dan itu lebih merupakan urusan Allah SWT.

Baca juga : Etika Silaturrahim Lintas Agama (1)

Al-Qur’an menegaskan: ”Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu” (Q.S. Al-Hujurat/49:13).

Baca juga : Silaturrahim Dengan Flora (2)

Kedalaman dan keluasan wawasan tokoh-tokoh NU yang pernah mengga­gas sinergi tiga konsep ukhuwah yang hidup di dalam wadah NKRI, yaitu persaudaraan kemanusiaan (ukhuwah basyariyah), persaudaraan kebangsaan (ukhuwah wathaniyah), dan persaudaraan keislaman (ukhuwah islamiyah). Tidak boleh atas nama salah satu konsep ukhu­wah digunakan untuk merusak tatanan ukhuwah yang sudah mapan.

Baca juga : Silaturrahim Dengan Flora (1)

Allah SWT dengan tegas mengatakan: Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah me­nyukai orang-orang yang berlaku adil. Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangi kamu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barang siapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang lalim. (Q.S. Al-Mumtahinah/60: 7-8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.