Dark/Light Mode

Tendensius Mengungkap Data Dan Fakta (3)

Kamis, 16 September 2021 06:30 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Selama dasawarsa terakhir banyak sekali kelompok melakukan survey ter­hadap venomena kehidupan beragama, khususnya fenomena kelompok radika­lisme agama. Bermacam-macam tujuan dan motif survey tersebut. Ada untuk kepentingan akademik seperti tesis atau disertasi, ada untuk kepentingan kebijakan pemerintah, dan ada untuk proyek NGO, dan lain-lain.

Baca juga : Tendensius Mengungkap Data Dan Fakta (2)

Survey atau pene­litian terhadap sebuah fenomena kea­gamaan adalah wajar tetapi jika tujuan survey itu tendensius, misalnya untuk menunjukkan data-data kuantitatif guna menunjukkan kelemahan kelompok agama atau aliran tertentu, apalagi dengan mempermainkan metodologi survey, misalnya merekayasa sampel dan informen, maka di sini muncul problem yang bisa dikategorikan se­bagai bentuk lain dari Religious-Hate Speech (RHS). (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.