Dark/Light Mode

Ini Tips Yang Bisa Dicoba Jika Hilang Semangat Saat Bikin Skripsi

Sabtu, 20 Nopember 2021 07:10 WIB
Foto: Dok. Pertamina
Foto: Dok. Pertamina

RM.id  Rakyat Merdeka - Skripsi sering menjadi hal menakutkan bagi banyak mahasiswa. Meski rasanya seperti baru saja menjadi mahasiswa baru, kini kamu dihadapkan dengan kenyataan dengan tanggung jawab skripsi di hadapanmu.

Semangat yang membara di awal proses penyusunan skripsi tidak jarang meredup karena berbagai hal yang terjadi di tengah perjalanan menyusun skripsi. Mulai dari revisi tiada henti, kendala di lapangan, impian atau kesibukan lain, pembimbing yang dirasa killer atau hal lainnya.

Bahkan mungkin, kamu mengalami situasi yang disebut sebagai writer’s block, di mana kamu merasa stuck dan tidak bisa menulis apapun meski sudah duduk lama di depan layar laptop.

Nurul Aini Ongkowidjoyo, M.Psi., Psikolog sekaligus Konselor dari aplikasi konseling online Riliv menjelaskan bahwa perasaan tidak ingin melanjutkan pengerjaan skripsi tersebut disebut sebagai demotivation.

"Demotivation, atau demotivasi itu adalah kondisi ketika seseorang kehilangan semangat dan komitmennya dalam melakukan sesuatu. Tidak menutup kemungkinan bahwa demotivasi juga terjadi pada anak kuliah yang sedang skripsi atau karyawan yang bosan dengan rutinitas kerja," ungkap Nurul, Jumat (19/11).

Berita Terkait : Portugal Nelangsa, Jerman Makin Perkasa

Meski tidak mudah, Nurul mengatakan setiap orang bisa melalui demotivasi. "Nggak perlu khawatir kalau sedang demotivasi. Soalnya, perasaan itu wajar sekali," ujarnya.

Nurul mengatakan,  skripsi sebagai pengalaman hidup yang berharga untuk diri kita dan lingkungan yang mendukung. 

Riliv, mencoba menjadi support system dalam proses penyusunan skripsimu agar kamu tidak perlu memendam semuanya sendiri.

Demi meningkatkan pengalaman pengguna, nikmati cashback hingga 100 persen pada kampanye ShopeePay Super Online Deals agar lebih hemat.

Jika kamu sedang terjebak demotivasi menyusun skripsi, berikut hal yang bisa kita lakukan: 

Berita Terkait : NLE Diharapkan Bisa Selesaikan Tantangan Logistik Nasional

 1. Mengambil istirahat sejenak.

Mungkin selama ini kamu terlalu memforsir dirimu menyelesaikan skripsi, sampai kamu lupa istirahat. Hanya skripsi, skripsi, dan skripsi yang ada di benakmu.

2. Mengingat kembali alasan-alasan kenapa kita harus berjuang menyelesaikan skripsi. Jika merasa membutuhkan bantuan untuk menemukan kembali, nggak ada salahnya untuk mencoba konseling psikolog.

Bisa dicoba membeli voucher konseling dengan sangat mudah melalui ShopeePay dan dapatkan cashback hingga 100 persen pada periode kampanye ShopeePay Super Online Deals di tanggal 15-21 November ini.

3. Mencari suasana baru.

Berita Terkait : Anis Matta: Semua Bisa Jadi Pahlawan Dengan Semangat Berbagi

Bukan tidak mungkin kamu mengalami demotivation karena saat mengerjakan skripsi, kita selalu dihadapkan dengan suasana yang sama.

4. Breakdown materi dan target pengerjaan secara praktikal.

5. Berkumpul bersama teman pejuang skripsi.

Satu hal yang menarik dari skripsi adalah tidak sendiri. Meski kamu mengerjakan tugas akhir seorang diri, tetapi sebenarnya kamu selalu bersama teman-teman seangkatan. [NOV]