Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rifat Sungkar Beberin Cara Rawat Kelistrikan Mobil Biar Aman

Selasa, 14 Desember 2021 18:11 WIB
Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar. (Foto: ist)
Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, merawat mobil bukan hanya ganti oli saja, tapi juga menjaga kelistrikan. Dia pun memberikan tips merawat kelistrikan mobil.

“Kelistrikan mobil itu bukan hanya lampu dan aki saja,” ujar pembalap nasional ini pada acara MMKSI Virtual Interview, Selasa (14/12).

Menurut dia, dalam sebuah mobil ada empat kelistrikan. Yaitu kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan sistem keamanan kendaraan. 

Baca juga : BRI Gandeng Beemarket.id Pasarkan Produk UMKM Binaan

Untuk kelistrikan bagian luar, kata Rifat, dibagi menjadi dua tipe kabel yaitu body harness dan engine harness. Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, dan sound system. “Itu semua body harness,” ujarnya.

Sementara, untuk engine harness itu berhubungan dengan penggerak, yakni engine dan gearbox. Ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan ECU. “Otak dari mobil kita,” bebernya.

Kedua, elektrikal interior. Ini berada dalam mobil dan bagian dari body harness. Cuma bagian dalamnya saja. Dia pun mengingatkan buat pengguna mobil yang suka modifikasi audio agar berhati jangan sampai malah mengganggu kelistrikan mobil.

Baca juga : Atlet Kecewa, Tapi Kesehatan Lebih Utama

“Ini saya mungkin harus menyampaikan lebih detail karena di sistem kelistrikan yang suka banyak gangguan,” ujarnya.

Ketiga adalah elektrikal mesin. Kelistrikan ini masuk ke engine harness. Rifat merekomendasikan spesifikasi engine harness jangan dimodifikasi. Kenapa? karena sistem engine harness akan sangat mempengaruhi performa kendaraan. 

“Misalnya mobil yang zaman sekarang ditingkatkan powernya dipasang uncip. Saya kurang rekomen, karena dalam pabrikan semua kontrol unit dalam kondisi standar adalah posisi paing optimial. Optimal dari power dan konsumsi bahan bakar,” jelasnya.

Baca juga : Laura Anna, Pamerin Bukti Mobil Hancur

Keempat adalah elektrikal sistem keamanan. Ini nyambung dengan nomor tiga. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyaman sistem elektrikal kenyamanan dan keamanan terintegrasi dengan engine harness.

Keamanan yang ada di sini juga ada dua; pasif dan aktif. Untuk keamanan aktif di mobil itu meliputi HSA, ESC, dan Cruise Control. Semua yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan.

“Sistem kelistrikan ini paling ringkih. Tolong untuk hal ini perlu diperhatikan, karena gangguan elektrikal adalah gangguan dalam, di luar terlihat baik tapi di dalamnya ternyata rusak,” pesan Rifat. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.