Dark/Light Mode

Kurangi Limbah, Ini Tips Vania Herlambang Beli Produk Kecantikan

Selasa, 18 Januari 2022 12:40 WIB
Peluncuran Kampanye Waste Down Beauty Up, mengurangi limbah industri kecantikan. (Foto: ist)
Peluncuran Kampanye Waste Down Beauty Up, mengurangi limbah industri kecantikan. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putri Indonesia Lingkungan 2018, Vania Herlambang selalu mempertimbangkan banyak hal dalam membeli produk kecantikan. Bukan hanya sekadar yang pas dan cocok, namun ia tetap memperhatikan isu lingkungan, pengurangan limbah industri kecantikan yang semakin menumpuk.

“Saya memulai dari kebiasaan yang paling sederhana. Contohnya, membeli produk yang betul-betul dibutuhkan dan menggunakan produk sampai habis,” ujar Vania.

Baca juga : Sidang Kasus Pembunuhan Jurkani Masih Jalan, Penambang Ilegal Balik Lagi

Lebih lanjut, perempuan berusia 24 tahun itu akan melihat dan mencari tahu tentang produk yang dia butuhkan. Biasanya Vania membaca ulasan dan review produk, serta mencatat informasinya dengan kebutuhan kulitnya.

“Setelah mendapatkan informasinya, kemudian memutuskan membeli produk tersebut. Jangan lupa dibuat daftar. Jadi bisa dibeli secara bersamaan, barang yang memang dibutuhkan,” lanjut dia.

Baca juga : Sociolla, Kurangi Limbah Industri Kecantikan

Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi limbah plastik kemasan pada saat pengiriman. Sekaligus mengurangi carbon footprint.

Vania juga mendukung gerakan Waste Down Beauty Up yang digagas pelaku industri kecantikan berbasis teknologi yang terintergrasi, Sociolla. Kampanye ini bertujuan untuk membantu mengurangi limbah industri kecantikan, khususnya melalui upaya mendorong budaya kecantikan yang sustainable.

Baca juga : Mensos Risma Serukan Mitigasi

“Ini adalah gerakan yang sangat penting di tengah tren kecantikan yang berubah dengan cepat yang berkecenderungan menormalisasi kebiasaan membeli yang berlebihan (overbuying),” tandasnya. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.