Dark/Light Mode

Sejarah Listrik Indonesia

Kota Solo Terang Benderang Sejak 1901 Hingga PLN Berdiri

Sabtu, 19 Februari 2022 22:05 WIB
Istana Mangkunegaran terang benderang dengan lampu indahnya. (Foto Solocity Travel)
Istana Mangkunegaran terang benderang dengan lampu indahnya. (Foto Solocity Travel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak banyak yang tahu bahwa Solo berperan besar dalam sejarah kelistrikan Indonesia. Jauh Indonesia memiliki PLN atau Perusahaan Listrik Negara, dua keraton di Kota Surakarta, yaitu Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran, masa sebelum kemerdekaan, telah memelopori penggunaan listrik di wilayahnya.

Pada 12 Maret 1901, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara VI (1896-1911) dan Sunan Pakubuwana X (1893-1939) menggagas berdirinya perusahaan listrik swasta di Surakarta. Namanya Solosche Electriciteits Maatschappij (SEM), perusahaan listrik yang dirintis Belanda waktu itu. Langkah tersebut kemudian diteruskan KGPAA Mangkunegara VII (1916-1944).

Baca juga : Nestlé Indonesia Dukung Percepatan Vaksinasi Anak

Kehadiran SEM membawa wajah Surakarta yang gemerlap di malam hari dengan berbagai aktivitas warga kotanya. SEM tak hanya memasok listrik, tapi juga mengadakan dan memasang instalasi listrik di wilayah Surakarta.

Konsumen di Surakarta dan sekitarnya begitu beragam, antara lain raja, keluarga raja, bangsawan pribumi, bangsa Eropa dan Timur Asing, serta pengusaha. Demikian dilansir surakarta.go.id dan puromangkunegaran.com.

Baca juga : Lawan Persipura, Maung Bandung Tanpa Rashid

Keberadaan lampu-lampu, genset, instalasi listrik dan gardu listrik, masih dapat dijumpai di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan.

SEM juga mengerjakan pengadaan listrik di kantor-kantor pemeritahan, penerangan jalan umum dan jaringan listrik sampai ke pedesaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.