Dark/Light Mode

Sejarah Listrik Indonesia

Kota Solo Terang Benderang Sejak 1901 Hingga PLN Berdiri

Sabtu, 19 Februari 2022 22:05 WIB
Istana Mangkunegaran terang benderang dengan lampu indahnya. (Foto Solocity Travel)
Istana Mangkunegaran terang benderang dengan lampu indahnya. (Foto Solocity Travel)

 Sebelumnya 
Dari 1902 hingga 1931, SEM belum mampu memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Peluang ini ditangkap KGPAA Mangkunegara VII dengan melahirkan ide cemerlang mendirikan pembangkit listrik. Harapannya, biaya tarif listrik yang dikeluarkan terjangkau bagi rakyat di wilayah Praja Mangkunegaran.

Menindaklanjuti gagasan besar Mangkunegara VII, maka pada tahun 1932 dilakukan studi ke daerah Tawangmangu oleh pihak Mangkunegaran dan SEM. Sebagai informasi, SEM memiliki izin menyediakan listrik, tetapi tidak mengantongi izin membangun pembangkit listrik tenaga air.

Baca juga : Nestlé Indonesia Dukung Percepatan Vaksinasi Anak

Hasil studi itu menunjukkan bahwa Kali Samin di Tawangmangu cocok untuk digunakan sebagai pembangkit listrik, alternatif kedua di air terjun Beji. Berdasarkan keputusan Kepala Irigasi Mangkunegaran bahwa pembangkit listrik bakal ditempatkan di Tawangmangu.

Perjanjian kerja sama pendirian pembagkit listrik tenaga air ditandatangani Ir. Sarsito mewakili pihak Mangkunegaran, dan SEM diwakili Ir. Van Venlthoven.

Baca juga : Lawan Persipura, Maung Bandung Tanpa Rashid

Pada 7 November 1932, megapoyek pembangunan pembangkit listrik tenaga air Kali Samin Tawangmangu berhasil dirampungkan dan diresmikan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara VII yang didampingi para pejabat Praja Mangkunegaran.

Dengan adanya pasokan listrik dari Kali Samin, Mangkunegaran menyulap kawasannya menjadi terang benderang di malam hari serta kegiatan pabrik gula Tasik Madu dan Colo Madu mampu melipatgandakan produksinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.