Dark/Light Mode

Ditinggal ART Yang Pensiun Setelah 37 Tahun Kerja, Luhut Meleleh

Senin, 11 April 2022 16:48 WIB
Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan bersama Mbak Sur (kerudung coklat), yang telah mengabdi selama 37 tahun. (Foto: Instagram)
Keluarga Luhut Binsar Pandjaitan bersama Mbak Sur (kerudung coklat), yang telah mengabdi selama 37 tahun. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditinggal Asisten Rumah Tangga (ART) yang telah sekian lama mengabdi, pastinya meninggalkan rasa yang nano-nano.

Ada sedih yang tak berujung karena harus berpisah setelah sekian lama bersama. Ada galau yang tak terungkap, karena mencoba menerka, apakah ada kesalahan kita di balik pengunduran dirinya. Juga ada haru yang terkira, atas jasa dan pengabdian yang selama ini begitu besar. 

Sekelas Menko Kemaritiman dan Investasi yang juga Jenderal Bintang Lima Luhut Binsar Pandjaitan, ternyata juga tak luput dari rasa itu. Terutama, saat mendengar Mbak Sur, yang telah mengabdi pada keluarganya selama 37 tahun, memutuskan pensiun.

Baca juga : Luhut Mesem-mesem

"Saya mau berhenti kerja dan istirahat di kampung halaman, Bu," begitu kata Mbak Sur kepada istri Luhut, Devi Pandjaitan, seperti dikutip laman Instagram @luhut.pandjaitan, Senin (11/4).

Kontan, Luhut mengaku disergap rasa haru.

"Saya terharu, karena bagaimana tidak? Sejak saya berpangkat Mayor, Mbak Sur lah yang praktis membantu banyak pekerjaan istri di rumah. Mulai dari menemani anak-anak bermain, sampai memasak makanan favorit kami sekeluarga," ungkap pria kelahiran 28 September 1947.

Baca juga : Minta PTM 100 Persen Distop Sementara, Anies Harap Luhut Mengabulkan

Sebagian orang, mungkin punya hubungan yang tidak awet antara ART. Tapi, keluarga Luhut tidak.

Luhut menyebut, Mbak Sur sudah 37 tahun setia bekerja di rumah, pantas menerima segala rasa hormat dan apresiasi yang lebih dari sekedar materi.

Terlebih, oleh anak-anaknya yang pernah diasuh oleh Mbak Sur. Sampai-sampai, anak tertua Luhut yang bernama Uli, mencium tangan Mbak Sur, yang dulu juga ikut mengasuhnya dengan penuh kasih sayang.

Baca juga : Dibuang Arsenal, Kolasinac Berlabuh Ke Marseille

"Sebagai seorang prajurit yang sering meninggalkan keluarga untuk bertugas, peran Mbak Sur memang sepenting itu, bagi saya pribadi. Karena itu, saya berjanji kepada Mbak Sur untuk memberangkatkan dia untuk beribadah haji. Tapi sayang, saat ini Mbak Sur belum siap," beber Luhut.

"Saya katakan kepada Mbak Sur, kalau sudah siap untuk beribadah haji, Mbak Sur boleh hubungi saya," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.